nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fachrul Razi Jadi Menteri Agama, Gerindra Harap-Harap Cemas

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2019 12:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 23 337 2120650 fachrul-razi-jadi-menteri-agama-gerindra-harap-harap-cemas-Pd5aBbShBR.jpg Jenderal (Purn) TNI Fachrul Razi ditunjuk menjadi menteri agama. (Foto: Dok Okezone/Dede Kurniawan)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo menunjuk Jenderal (Purn) Fachrul Razi menjadi menteri agama di pemerintahan periode 2019–2024. Terkait penunjukan itu, Partai Gerindra pun menyatakan harap-harap cemas.

Ketua DPP Partai Gerindra Sodik Mudjahid mengatakan alasan mengapa harap-harap cemas terhadap Fachrul Razi yang menjadi menag baru lantaran dari sisi lingkup tugas yang akan dijalankannya jauh dari bidang dan kompetensi yang dimiliki.

Baca juga: Fachrul Razi, Jenderal TNI yang Ditunjuk Jokowi Jadi Menteri Agama 

"Kita pesimis, karena jauh dari bidang dan kompetensinya," ungkap Sodik, di Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Menag Fachrul Razi. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

Sodik khawatir nantinya Fachrul Razi dalam menangani radikalisme bakal menggunakan pendekatan cara militer.

"Menahan radikalisme, ini mengkhawatirkan. Khawatir sebagai seorang militer, FR (Fachrul Razi) melakukan pendekatan militeris generalis terhadap rakyat yang dicurigai sebagai kaum radikal. FR diharapkan melakukan pendekatan dialog dan edukati," jelasnya.

Baca juga: Menag Dijabat Purnawirawan TNI, Ini Respons PPP 

Di sisi lain, mantan wakil ketua Komisi VIII DPR RI ini menyatakan optimis Fachrul mampu melakukan koordinasi di Kementerian Agama hingga tingkat kecamatan. Ia pun menaruh harapan kepada Fachrul Razi untuk bisa mereformasi birokrasi di Kemenag.

"Sebagai seorang militer harusnya tegas dan berani melakukan perombakan mental dan kultur kinerja. Kemenag selama ini paling lemah reformasi birokrasinya dan kultur birokrasinya sangat feodal. Kita berharap sebagai seorang jenderal berani melakukan reformasi kultur dan perombakan kultur kerja yang produktif efisien," ucap Sodik.

Menag Fachrul Razi. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

Selain itu, dia menilai sosok Fachrul Razi dapat memperbaiki manajamen ibadah haji. Mengingat sebagai purnawirawan TNI, Fachrul Razi mempunyai pengalaman dalam memobilisasi pasukan.

"Kecuali dalam memperbaiki manajemen haji, karena manajemen haji lebih ke soal manajemen mobilisasi jamaah, soal pondokan, soal katering, soal keamanan, dan lain-lain. Sebagai jenderal, FR pasti andal dalam mobilisasi pasukan dan peralatan," imbuhnya.

Baca juga: Daftar Menteri Lama dan Baru di Kabinet Indonesia Maju 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini