nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ditunjuk Jadi Kapolri, Komjen Idham Azis Akan Diuji Kelayakan di DPR

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2019 12:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 23 337 2120630 ditunjuk-jadi-kapolri-komjen-idham-azis-akan-diuji-kelayakan-di-dpr-wD3F63MO4l.jpg Idham Azis saat menjabat Kapolda Metro Jaya (Okezone.com/Taufik)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Komjen Idham Azis sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Tito Karnavian yang mengundurkan diri sebelum diangkat jadi Menteri Dalam Negeri di Kabinet Indonesia Maju.

Penunjukkan Idham Azis sebagai Kapolri tertera dalam Surat Presiden Jokowi yang dikirim dan sudah diterima oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Surat Presiden tentang penunjukan Idham Azis sebagai Kapolri masuk ke parlemen sekira pukul 09.00 WIB tadi.Sufmi Dasco

Sufmi Dasco Ahmad (Okezone.com/Harits)

“Sudah masuk, sudah masuk,” ujar politikus Partai Gerindra itu kepada wartawan, Rabu (23/10/2019).

Baca juga: Jokowi Tunjuk Idham Aziz Jadi Kapolri Gantikan Tito Karnavian

Setelah menerima surat, DPR akan segera memproses untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap Idham Azis. Fit and proper test akan dilakukan oleh Komisi III DPR diperkirakan mulai pekan depan.

“Tinggal nunggu fit and proper test,” kata Sufmi.

Dia mengungkapkan dalam Surat Presiden itu tertulis jelas bahwa Komjen Idham Azis yang ditunjuk sebagai Kapolri pengganti Tito Karnavian. “Iya benar pak Idham Azis,” ujar Sufmi.

Idham Azis kini masih menjabat sebagai Kepala Bareskrim Polri, setelah sebelumnya jadi Kapolda Metro Jaya.

Idham Azis lahir di Kendari, Sulawesi Tenggara 56 tahun lalu merupakan lulusan Akademi Kepolisian 1988. Dia pernah mendapatkan penghargaan atas keberhasilan melumpuhkan teroris Dr Azhari dan kelompoknya pada 2005.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini