nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Juliari Batubara, Menteri Baru Pilihan Jokowi yang Ditugaskan Entaskan Kemiskinan

Amril Amarullah, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2019 11:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 23 337 2120604 juliarir-batubara-menteri-baru-pilihan-jokowi-yang-ditugaskan-entaskan-kemiskinan-VlO7Ftz4fp.jpg Menteri Sosial Juliarir Batubara (foto: iNews.id)

JAKARTA – Politisi PDI Perjuangan Juliari Peter Batubara mendadak jadi perbincangan, setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggilnya ke Istana pada Selasa, 21 Oktober 2019.

Juliari yang merupakan putra dari politikus senior PDIP almarhum AP Batubara sebenarnya bukanlah orang baru di dunia politik. Sebelum terjun di politik, dia adalah pengusaha muda yang bergerak di bidang pelumas oil kendaraan.

Pria kelahiran 22 Juli 1972 ini, sebelum dipanggil Jokowi dan mengemban sebagai Menteri Sosial, Juliarir adalah anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024.Sebelumnya, Juliari duduk di Komisi VI DPR-RI. Komisi tersebut membidangi perdagangan, perindustrian, investasi, koperasi, UKM & BUMN, dan standarisasi nasional.

Baca Juga: Jokowi Resmi Lantik Kabinet Indonesia Maju 

Juliari yang pernah mengenyam pendidikan di Riverside City College dan Chapman University di Amerika Serikat ini sebelum masuk dunia politik, sempat menjadi petinggi beberapa perusahaan, yakni PT Wiraswasta Gemilang Indonesia, PT Arlinto Perkasa Buana, PT Bwana Energy, dan PT Tridaya Mandiri.

Ia juga sempat menjadi Ketua Harian Asosiasi Produsen Pelumas Indonesia (Aspelindo) pada 2007-2014. Selain itu, Juliari juga pernah menjadi Wakil Ketua Komite Tetap Akses Informasi Peluang Bisnis-Bidang UMKM Kadin pada 2009-2010. Ia menjadi salah satu orang yang ditunjuk Presiden Joko Widodo dalam rangka bergabung di Kabinet Kerja II.

Wakil Bendahara Umum PDIP ini kini diminta Presiden Joko Widodo untuk menyelesaikan persoalan kemiskinan di Tanah Air. Kepala Negara ingin kemiskinan yang masih banyak melanda masyarakat Indonesia bisa turun secara bertahap.

"Ya program dan tanggung jawab utamanya bagaimana kita bisa mengkoordinasikan tepat sasaran, mengatasi kemiskinan secara bertahap," kata Juliari di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Baca Juga: Istri Mantan Menteri Koperasi Jabat Menteri PPPA

Jokowi juga meminta Juliari untuk berkoordinasi dengan hal-hal yang berkaitan dengan kebencanaan. Apakah Juliari akan menjabat Menteri Sosial?

"Beliau menginginkan respons terhadap bencana alam dijalankan lebih cepat dan tepat. Itu pesan utama dari Presiden ke saya," ungkap Juliari.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini