nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fachrul Razi, Jenderal TNI yang Ditunjuk Jokowi Jadi Menteri Agama

Hantoro, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2019 11:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 23 337 2120598 fachrul-razi-jenderal-tni-yang-ditunjuk-jokowi-jadi-menteri-agama-cPhZcoOoYG.jpg Jenderal (Purn) TNI Fachrul Razi ditunjuk menjadi menteri agama. (Foto: Dok Okezone/Dede Kurniawan)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Rabu pagi ini telah resmi mengumumkan jajaran menteri dan pejabat setingkat menteri yang mengisi Kabinet Indonesia Maju periode pemerintahan 2019–2024.

Banyak sosok baru dalam kabinet menteri periode kedua Jokowi ini. Salah satunya adalah Jenderal (Purn) TNI Fachrul Razi yang dipercaya menjabat menteri agama.

Baca juga: Menag Dijabat Purnawirawan TNI, Ini Respons PPP 

"Yang kesembilan Bapak Jenderal Fachrul Razi sebagai menteri agama. Ini urusan yang berkaitan dengan radikalisme, ekonomi umat, industry halal, saya kira, dan terutama haji berada di bawah Beliau," kata Presiden Jokowi ketika mengumumkan di beranda Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019).

Mengutip dari berbagai sumber, Fachrul Razi tercatat sebagai pensiunan Tentara Nasional Indonesia (TNI), kemudian terjun ke bidang politik dengan bergabung bersama Partai Hanura. Ia lahir di Banda Aceh, 26 Juli 1947. Dia adalah salah satu tokoh militer Tanah Air.

Fachrul Razi merupakan lulusan Akademi Militer 1970. Ia diketahui berpengalaman dalam bidang infanteri. Terakhir, ia berstatus sebagai jenderal bintang empat dan menjabat wakil panglima TNI.

Sebelumnya, Fachrul Razi juga pernah menjabat komandan Brigade Infanteri Lintas Udara 17 Kujang 1 Kostrad; wakil asisten operasi KSAD; kepala Staf Daerah Militer VII/Wirabuana.

Baca juga: Daftar Menteri Lama dan Baru di Kabinet Indonesia Maju 

Kemudian gubernur Akademi Militer (1996–1997); asisten operasi KASUM ABRI (1997–1998); kepala Staf Umum ABRI (1998–1999).

Lalu pernah menjabat sekretaris jenderal Departemen Pertahanan (1999); dan wakil panglima TNI (1999–2000).

menag Fachrul Razi. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

Fachrul Razi menjadi menteri agama ke-23 Republik Indonesia menggantikan pendahulunya Lukman Hakim Saifuddin. Banyak tugas besar menantinya di Kementerian Agama

Menag Fachrul Razi bakal mempunyai tugas terkait penyelenggaraan urusan di bidang keagamaan untuk membantu Presiden Jokowi menyelenggarakan pemerintahan negara.

Baca juga: Prabowo Jadi Menhan, Jokowi: Beliau Lebih Tahu Tugasnya dari Saya 

Dalam melaksanakan tugas, Menag Fachrul Razi bakal memimpin Kementerian Agama yang memiliki kewenangan melakukan perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang keagamaan; mengelola barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab Kemenag.

Kemudian mengawasi pelaksanaan tugas di lingkungan Kemenag; melaksanakan bimbingan teknis dan supervisi atas pelaksanaan urusan Kemenag di daerah.

Baca juga: ST Burhanuddin, Mantan Jamdatun yang Dipercaya Jokowi Pimpin Korps Adhyaksa 

Selanjutnya melaksanakan kegiatan teknis yang berskala nasional; dan melaksanakan kegiatan teknis dari pusat sampai ke daerah.

menag Fachrul Razi. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini