nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

ST Burhanuddin, Mantan Jamdatun yang Dipercaya Jokowi Pimpin Korps Adhyaksa

Rizka Diputra, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2019 10:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 23 337 2120554 st-burhanuddin-mantan-jamdatun-yang-dipercaya-jokowi-pimpin-korps-adhyaksa-hWZeCZWPTX.JPG Jaksa Agung, ST Burhanuddin (Foto: Biro Pers Media Istana/BPMI 2019)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo akhirnya menunjuk ST Burhanuddin untuk menjabat sebagai Jaksa Agung dalam kabinet Indonesia Maju, di bawah kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf Amin. Burhanuddin merupakan mantan Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun).

Saat diperkenalkan oleh Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Rabu (23/10/2019), Burhanuddin tampak mengenakan kemeja batik lengan panjang berwarna kuning kombinasi merah. Dia adalah mantan jaksa muda perdata dan bukan mantan kader parpol seperti pendahulunya, Muhammad Prasetyo.

Berdasarkan penelusuran Okezone, pria berkumis itu pernah menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Selatan. Burhanuddin kemudian menjabat sebagai Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun) pada 2011 menggantikan Kamal Sofyan yang digeser sebagai Staf Ahli Jaksa Agung di masa kepemimpinan Jaksa Agung kala itu, Basrief Arief.

Burhanuddin kemudian memasuki masa pensiun pada 2014 silam. Kini, Jokowi resmi menunjuknya untuk menggantikan Muhammad Prasetyo yang masa jabatannya telah habis sejak 22 Oktober 2019 kemarin.

Lambang Korps Adhyaksa

Saat perkenalan menteri Kabinet Indonesia Maju, secara khusus Jokowi menyebut tugas spesifik yang akan diemban ST Burhanuddin saat memimpin Korps Adhyaksa.

"Beliau menjaga independensi hukum, menegakkan supremasi hukum dan membangun, kemarin sudah saya sampaikan mengenai complain, handling, management. Ini Harus diurus benar," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini