Sambil Lesehan di Istana, Jokowi Umumkan Nama-Nama Menteri Kabinet Indonesia Maju

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 23 Oktober 2019 08:55 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 23 337 2120527 sambil-lesehan-di-istana-jokowi-umumkan-nama-nama-menteri-kabinet-indonesia-maju-SnzDLa4QuQ.jpg Presiden Jokowi mengumumkan nama menteri Kabinet Indonesia Maju (Okezone.com/Fakhrizal)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan nama-nama menteri kabinet pemerintahannya periode 2019-2024. Sambil duduk lesehan di veranda Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019), Jokowi didampingi Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin membacakan satu-satu nama menteri Kabinet Indonesia Maju.

“Pagi hari ini saya ingin memperkenalkan Kabinet Indonesia Maju,” kata Jokowi.

Dalam jangka pendek, lima tahun ke depan, kata Jokowi, kabinetnya akan fokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan pembangunan ekonomi.

Dia lalu membacakan satu per satu nama menteri yang disertai dengan gambaran tugas singkat.

Mahfud MD adalah nama pertama yang disebut Jokowi. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu ditunjuk sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam). Kemudian dilanjutkan dengan nama-nama lain.

Sama seperti halnya Jokowi dan Ma’ruf Amin, para menteri yang diperkenalkan ke publik itu juga duduk lesehan di veranda Istana Negara. Mereka kompak mengenakan kemeja batik.

Ini berbeda dengan lima tahun sebelumnya saat Jokowi mengumumkan nama-nama menteri Kabinet Kerja. Saat itu Jokowi-Jusuf Kalla dan para menteri kompak mengenakan pakaian putih dengan celana hitam. (sal)

(DNA)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini