nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenapa Kader Demokrat Tak Masuk Susunan Calon Menteri Jokowi?

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2019 06:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 23 337 2120490 kenapa-kader-demokrat-tak-masuk-susunan-calon-menteri-jokowi-qDVUJmpCGQ.jpg Ilustrasi Partai Demokrat.

JAKARTA - Komposisi koalisi Kabinet Kerja Jilid II sudah semakin jelas. Partai Gerindra bergabung ke dalam koalisi, ditandai dengan dipilihnya Prabowo Subianto dan Edhy Prabowo sebagai calon menteri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bagaimana dengan Partai Demokrat? Ternyata partai berlambang bintang mercy tak masuk dalam komposisi menteri Jokowi. Tak ada satupun kader Demokrat yang dipanggil oleh Kepala Negara.

Wasekjen Hanura Tri Dianto mengatakan, Jokowi memutuskan untuk saat ini peran Partai Demokrat belum diperlukan.

Jokowi.

"Beda dengan Gerindra yang kelihatan banget Pak Nokowi perlu. Beda memang dengan Demokrat," kata Tri kepada Okezone, Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Menurut Tri, sampai saat ini partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu masih terus melakukan komunikasi politik agar bisa merapat ke barisan pemerintahan.

"Kalau Demokrat mungkin masih berharap banget masuk. Tapi kan tergantung Pak Jokowi. Kalau Pak Jokowi ingin Demokrat masuk ya bisa masuk. Kalau tidak kan bagaimana lagi," ujar Tri.

Tri menambahkan, untuk saat ini, yang sudah bisa dipastikan menjadi oposisi adalah PKS dan PAN. Tetapi, menurutnya, segala kemungkinan masih bisa terjadi. Mengingat, Presiden Jokowi masih ada kesempatan untuk meracik susunan menterinya.

"Kita tunggu sampai menjelang pelantikan. Sebelum dilantik masih mungkin ada perubahan. Kalau PAN kan memang sudah tegas mau di luar pemerintahan, seperti PKS yang tegas jadi oposisi. Tapi ya kita tunggu aja," tutup Tri. (qlh)

(DNA)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini