Lemkapi: Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Cocok Jadi Kapolri

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 23 Oktober 2019 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 23 337 2120482 lemkapi-kapolda-metro-jaya-irjen-gatot-eddy-cocok-jadi-kapolri-MRTstVd8kj.jpg Kapolda Metro, Irjen Gatot Eddy. (Foto: Okezone.com/Puteranegara)

JAKARTA - Lembaga Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menilai Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy cocok untuk mengisi jabatan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) menggantikan Jenderal Tito Karnavian.

Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan menjelaskan, kepemimpinan Gatot dalam mengomandoi Polda Metro Jaya dirasa telah matang sehingga dianggap mampu jabat Kapolri.

"Kapolda Metro Jaya cocok untuk mengisi kursi Kapolri," kata Edi kepada Okezone, Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Edi menuturkan, Gatot Eddy figur yang memiliki kemampuan untuk memimpin lembaga sebesar Polri. Pasalnya, pembawaannya yang tenang cocok untuk menjadi pucuk pimpinan polisi.

"Melihat sosok Kapolda Metro yang berpenampilkan tenang dan cool sangat bisa membuat Polri semakin baik ke depan. Kapolda dikenal dengan cooling system," tutur Edi.

Irjen Gatot Eddy.

Apabila memang proyeksi Gatot Eddy menjadi Kapolri, maka internal Polri harus segera mempromosikan Gatot untuk menjabat kursi jenderal bintang tiga.

"Jika Tito ditugasi jadi menteri. Berarti dalam waktu dekat sangat mungkin Kapolda Metro dapat promosi bintang 3. Bisa job di Baharkam atau tempat lainnya. Karena saat ini butuh figur muda untuk calon Kapolri," ujar Edi.

Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan pihaknya telah menerima surat resmi pengunduran diri Tito Karnavian sebagai Kapolri.

Puan menjelaskan, sebelum rapat paripurna siang tadi pihaknya mendapatkan surat bernomor R51 tertanggal 21 Oktober 2019 dari Presiden Jokowi perihal permintaan persetujuan pemberhentian Kapolri Tito Karnavian.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini