nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Pengumuman Menteri, Jokowi Diharapkan Memimpin Secara Efektif 5 Tahun ke Depan

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2019 01:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 23 337 2120476 jelang-pengumuman-menteri-jokowi-diharapkan-memimpin-secara-efektif-5-tahun-ke-depan-T6mtitFHPq.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diharapkan mampu memimpin secara efektif di lima tahun ke depan. Untuk mencapai hal itu, Jokowi diminta leluasa memutuskan sikap yang akan diambil untuk kepentingan Negara, termasuk dalam menentukan nama-nama yang masuk dalam Kabinet Kerja Jilid 2.

“Terlepas dari tarik-menarik kepentingan di antara partai politik, publik berharap Presiden bisa keluar dari sandera partai politik dan bisa memimpin secara efektif lima tahun ke depan untuk membawa Indonesia lebih baik,” ucap Sebastian Salang, anggota Alumni Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Dalam hal pemilihan nama menteri, dia berharap Jokowi bisa leluasa tanpa harus mengikuti arus tarik menarik di antara partai politik.

Jokowi.

“Dalam situasi politik di mana mayoritas partai bergabung dalam kabinet, Jokowi semakin kesulitan untuk menentukan porsi pos kementerian setiap partai. Lebih ruwet lagi karena setiap partai mengincar pos strategis. Akibatnya terjadi tabrakan kepentingan antara partai karena mengincar pos kementerian yang sama,” ujarnya.

Baca juga: Prabowo Jadi Menhan di Kabinet Kerja Jokowi, Ini Sikap PDIP

Sementara itu, Stefanus Gusma Inisiator Gerakan Satu Bangsa menyoroti masuknya Partai Gerindra ke dalam koalisi, dengan diberikan kursi menteri kepada Prabowo Subianto dan Edhy Prabowo.

“Ini aneh bagi pembelajaran demokrasi. Kalau misalnya, Prabowo jadi menteri, mengapa kemarin harus bertarung keras sampai berisiko terhadap relasi sosial dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa,” ujarnya.

Hal yang sama juga diutarakan Joanes Joko, Koordinator Nasional Duta Joko Widodo. Dia mengatakan para relawan Jokowi banyak yang terkejut atas penunjukan Prabowo Subianto sebagai menteri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini