DPR Setuju Tito Diberhentikan, Mabes Polri Tunggu Pelantikan

Muhamad Rizky, Okezone · Selasa 22 Oktober 2019 16:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 22 337 2120278 dpr-setuju-tito-diberhentikan-mabes-polri-tunggu-pelantikan-kU0kKHsKqN.jpg Kapolri Tito Karnavian (Foto : Humas Mabes Polri)

JAKARTA - DPR RI telah setuju Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian diberhentikan dari jabatannya setelah mendapat surat dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi karena Tito mendapatkan jabatan di struktur Kabinet Kerja Jilid 2.

Kabag Penum Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra enggan menduga-duga posisi yang akan dijabat Tito nantinya.

"Tentang posisi berikutnya dari Bapak Kapolri tentunya kita akan menunggu pengumuman resmi dari bapak presiden besok yang akan dilanjutkan dengan pelantikan seluruh jajaran kabinet yang baru," kata Asep di Mabes Polri, Selasa (22/10/2019).

Asep menjelaskan, apabila nantinya benar Tito menjadi menteri Jokowi pihaknya akan melakukan pergeseran atau pelaksana tugas (Plt) kapolri sesuai dengan mekanisme yang ada.

"Tetapi saya belum bisa sampaikan hari ini karena tentunya semua kembali lagi menunggu bagaimana keputusan yang akan diambil oleh bapak presiden," tuturnya.

Kapolri Tito Karnavian di Istana Kepresidenan (Foto : Okezone.com/Fakhri)

Asep juga mengakui pihaknya telah menyiapkan rencana jika benar kapolri akan masuk kabinet, namun itu semua masih menunggu kepastian presiden.

"Ya langkah-langkah antisipasi perencanaan pasti akan dibuat oleh pihak Polri tapi semua itu masih perencanaan nanti kepastiannya itu ada resmi bahwa pengumuman bapak presiden baru perencanaan perencanaan itu akan dilakukan dan semua itu pasti akan berdasar pada peraturan-peraturan yang telah mengatur sebelumnya ya," tukasnya.

Sebelumnya, dalam rapat paripurna, DPR telah menerima empat surat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satunya mengenai pemberhentian Kapolri Jendral Tito Karnavian.

“Izinkan kami menyampaikan kepada sidang dewan yang terhormat bahwa pimpinan dewan telah menerima empat buah surat Presiden RI,” kata Ketua DPR Puan Maharani di Kompleks Parlemen.

Baca Juga : DPR Setuju Kapolri Tito Karnavian Diberhentikan

Baca Juga : Jokowi Tunjuk 7 Pembantu Sementara hingga Kabinet Terbentuk

Sementara, Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane memprediksi bahwa Kapolri Jendral Tito Karnavian masuk pemerintahan Jokowi. Bahkan Mabes Polri sendiri telah menyiapkan pengganti Tito.

"Indonesia Police Watch (IPW) mendapat informasi bahwa surat Plt Kapolri sedang diproses Mabes Polri dan akan diminta persetujuan Presiden dan DPR," kata Neta dalam keterangan tertulisnya.

(aky)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini