nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dari Jepang, Wapres Ma'ruf Bicara soal Kriteria Menteri Ideal

Fahreza Rizky, Jurnalis · Selasa 22 Oktober 2019 13:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 22 337 2120121 dari-jepang-wapres-ma-ruf-bicara-soal-kriteria-menteri-ideal-VMcZNc8B1D.jpg Wapres Ma'ruf Amin saat berada di Jepang. (Foto : Setwapres)

TOKYO – Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mendukung kriteria menteri yang ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam dua hari terakhir, setidaknya sudah ada lebih dari 10 tokoh yang hadir ke Istana. Mulai dari petahana, pendatang baru, hingga kalangan lainnya.

"Saya kira kan kita sudah ada kriterianya, sudah ditetapkan, dan saya dukung kriteria itu," kata Ma'ruf di sela kunjungannya di Tokyo, Jepang, Selasa (22/10/2019).

Ma'ruf berujar, tokoh yang sudah dipanggil ke Istana berasal dari berbagai kalangan. Tokoh itu mulai dari partai politik (parpol), profesional, kaum muda dan tua, laki-laki dan perempuan, hingga mewakili kedaerahan. Menurut dia, yang paling penting adalah para pembantunya bisa mengeksekusi kebijakan sebagaimana visi Kepala Negara.

"Ada yang dari parpol, ada yang dari profesional, kemudian mencerminkan tua-muda, laki-perempuan, kedaerahan, dan juga mereka yang mampu melakukan eksekusi," ucapnya.

Wapres Ma'ruf Amin dan JK di Istana Wapres, Jakarta, Senin (21/10/2019). (Foto : Dok Setwapres)

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu menerangkan, figur menteri ideal adalah mereka yang berani mengeksekusi kebijakan sesuai visi Presiden. Kemudian menteri tidak boleh terjebak pada rutinitas dan mesti berinovasi. Dengan kriteria itulah, visi Indonesia maju dapat terwujud.

"Bukan hanya bisa bekerja, tapi bisa melakukan eksekusi. Seperti istilah Pak Jokowi tidak terjebak dalan kerja rutin harus ada inovasi," tuturnya.


Baca Juga : Politikus PDIP Juliari Batubara Diminta Jokowi Entaskan Kemiskinan

"Berdasarkan itu dicarilah dan saya dikasih tahu kemungkinan-kemungkinan itu, saya mendukung karena memang kita ingin maju dengan visi Indonesia maju, tentu harus didukung menteri-menteri yang punya misi yang sama," ujar Ma'ruf.


Baca Juga : Dipanggil Jokowi ke Istana, Syahrul Yasin Limpo Diajak Bicara soal Pertanian

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini