nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PKS Enggan Campuri Sikap Gerindra yang Gabung Pemerintahan Jokowi

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Selasa 22 Oktober 2019 08:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 22 337 2119993 pks-enggan-campuri-sikap-gerindra-yang-gabung-pemerintahan-jokowi-plSMD0zBb7.jpg Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid. (Foto : Okezone.com/Muhamad Rizky)

JAKARTA – Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid, menyatakan partainya enggan mencampuri sikap Partai Gerindra yang bergabung ke pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Apalagi Prabowo Subianto mendapatkan kursi Menteri Pertahanan.

"Kita sekali lagi tak punya kuasa untuk menyatakan tidak karena itu bukan domain PKS. Itu adalah domain presiden untuk mengundang dan itu adalah hak Gerindra untuk menerima atau tak menerima," ujar Hidayat, Selasa (22/10/2019).

Menurut Hidayat, pesta demokrasi sudah usai. Semua partai mempunyai hak masing-masing apakah akan bergabung dengan pemerintahan atau menjadi oposisi.

"Semua silakan lakukan hak masing-masing, rakyat akan menilai, dan rakyat akan memberikan keputusannya pada pemilu akan datang," tuturnya.

Prabowo-Jokowi. (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

Wakil Ketua MPR ini tidak mau berkomentar soal banyak relasi pendukung Prabowo setelah bergabung ke pemerintah. Karena menurutnya, itu adalah keputusan pribadi Prabowo dan sepenuhnya pada masyarakat.

"Itu yang harus mengukur beliau ya. Beliaulah yang pertama kali harus mengukur, apakah itu akan menurunkan marwah beliau, kemarin jadi kompetitor, sekarang jadi pembantu (Menteri) Jokowi," ucapnya.

Selain itu, kata Hidayat, PKS tak merasa ditinggal oleh Partai Gerindra yang sebelumnya sempat berkoalisi di Pilpres 2019 dengan mengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.


Baca Juga : PAN Anggap Prabowo Sudah Punya Pertimbangan dengan Jadi Menteri Jokowi

"Jadi tak ada sekarang yang namanya koalisi. Jadi yang sudah bubar ya tak ada yang meninggalkan dan ditinggalkan. Jadi masing-masing menjalankan policy partai dan menjalankan sikap itu kepada rakyat, dan tentu pada Tuhan Yang Maha Esa," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto memastikan bahwa pihaknya telah bergabung dengan partai koalisi di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin.

Bahkan, mantan Danjen Kopassus itu menyatakan bahwa Jokowi telah memintanya untuk menjabat Menteri Pertahanan (Menhan) di Kabinet Kerja jilid II.


Baca Juga : PPP Sebut Koalisi Jokowi Bertambah Kuat dengan Masuknya Gerindra

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini