nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Diingatkan Tempatkan Menteri Sesuai Keahliannya

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Selasa 22 Oktober 2019 08:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 22 337 2119975 jokowi-diingatkan-tempatkan-menteri-sesuai-keahliannya-U5PPMpqwLm.jpg Presiden Joko Widodo. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA – Sebelum secara resmi mengumumkan siapa saja sosok pengisi Kabinet Kerja Jilid II, Presiden Joko Widodo sempat memanggil beberapa orang yang disinyalir kuat akan menjabat sebagai menteri.

Ada Erick Thohir, Nadiem Makarim, Whisnutama, Airlangga Hartarto, hingga Mahfud MD yang pada Senin 21 Oktober 2019 pagi memenuhi undangan Presiden Jokowi ke Istana Negara.

Baca juga: Relawan Jokowi Ingin Kepastian Prabowo Tidak Ganggu Pemerintah 5 Tahun ke Depan 

Terkait hal itu, pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komaruddin menyambut baik adanya keterlibatan tokoh-tokoh muda yang diprediksi akan masuk kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Tentu kita sangat bangga ketika katakanlah tokoh-tokoh muda masuk ke kabinet, karena bagaimanapun pemilih kita kan 2019 yang lalu dalam pilpres mengisi 50 persen lebih dari pemilih Indonesia," ucap Ujang saat berbincang dengan Okezone, Senin 21 Oktober 2019.

Baca juga: Tito Karnavian Jadi Menteri? Polri: Kita Tunggu Kabar Selanjutnya 

tokoh-tokoh seperti Erick Thohir, Nadiem Makarim, dan Whisnutama memang dinilai berprestasi, namun Ujang mengingatkan agar Jokowi menempatkan mereka di kementerian yang sesuai keahliannya.

"Inilah yang harus dicari posisinya, karena orang dengan keahlian tertentu, ketika salah pos, itu tidak akan bagus kinerjanya. Jadi yang paling bagus, tempatkan orang yang cocok dan pas," ungkap Ujang.

Sekadar diketahui, Presiden Jokowi rencananya mengumumkan secara resmi susunan Kabinet Kerja Jilid II untuk pemerintahannya selama lima tahun ke depan pada Rabu 23 Oktober 2019.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini