nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PDIP Pastikan Dapat Jatah Terbanyak di Kabinet Kerja Jilid II

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 21 Oktober 2019 20:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 21 337 2119887 pdip-pastikan-dapat-jatah-terbanyak-di-kabinet-kerja-jilid-ii-mZz8L8mu40.jpg Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Foto: Okezone.com/Fahreza Rizky)

JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan, tidak ingin mendahului keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) perihal kursi menteri. Namun, yang pasti ia mengungkapkan PDIP akan masuk ke dalam kabinet.

"Kita jangan dahului presiden. Nanti ada, yang jelas, PDI Perjuangan terbanyak," kata Hasto di sela acara syukuran Arus Bawah Jokowi di Jakarta, Senin (21/10/2019).

Baca Juga: DPR Setuju Perubahan 4 Nomenklatur Kementerian dan Lembaga, Ini Daftarnya 

Awak media lalu mencecarnya dengan berbagai pertanyaan terkait kursi menteri. Lalu Hasto hanya menunjukkan gestur jari telunjuk di depan bibir tanda tak mau berbicara. Hasto hanya mengatakan pihaknya percaya penuh kepada Jokowi terkait jatah kursi menteri.

"Kami tidak lihat kementerian A lebih penting dari B. Semua punya tanggung jawab atas masa depan dan semua menteri adalah pembantu presiden," kata Hasto.

"Pembicaraan akan terus dilakukan, tapi PDI Perjuangan sudah fix," imbuhnya.

Jokowi-Maruf Amin Foto: Okezone 

Hasto menambahkan, PDIP sudah belajar dari pengalaman buruk dari Pemilu 2014. Kala itu ada pihak yang menggunakan segala cara agar pemenang pemilu tidak mendapat kursi pimpinan dewan.

Tetapi, saat ini ketika PDIP kembali menang, pihaknya tidak ingin membalas dendam. Pasalnya, partai berlambang kepala banteng moncong putih itu tidak ingin menerapkan politik bumi hangus.

"Kami tunjukkan bahwa PDI Perjuangan menjadi pemimpin bagi seluruh komponen bangsa. Dengan demikian seluruh fraksi di DPR itu mendapat tempat terhormat. Tidak ada politik bumi hangus bagi kami. Yang ada adalah nilai kemanusiaan dan musyawarah yang kami wujudkan," ujar Hasto.

Baca Juga: Prabowo Sebut Gerindra Dapat 2 Kursi Menteri di Kabinet Kerja 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini