nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hampir Jadi Cawapres Jokowi, Mahfud MD Kini sebagai Calon Menteri

Angkasa Yudhistira, Jurnalis · Senin 21 Oktober 2019 14:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 21 337 2119678 hampir-jadi-cawapres-jokowi-mahfud-md-kini-sebagai-calon-menteri-3oFER8fqrS.jpg Mahfud MD datang ke Istana (Foto : Okezone.com/Fakhri)

JAKARTA - Mahfud MD menjadi salah satu sosok calon menteri Kabinet Kerja Jilid 2 setelah hari ini dipanggil Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019).

Dikatakan Mahfud, ia akan dilantik Jokowi sebagai menteri pada Rabu 23 Oktober 2019. Namun, dia mengaku belum tahu bakal jadi menteri apa.

Mahfud MD di Istana Kepresidenan (Foto : Okezone.com/Fakhri)

Sekedar mengingatkan, nama Mahfud sempat ramai jadi perbincangan lantaran dijagokan sebagai calon wakil presiden pendamping Jokowi pada Pilpres 2019. Bahkan, dia mengaku sudah memberikan baju batiknya ke pihak istana untuk patokan ukuran pakaian sebagai cawapres saat kampanye.

Namun, di ujung waktu, ketua umum parpol pengusung lebih sepakat dengan sosok KH Ma'ruf Amin sebagai pendaping Jokowi. Meski tidak menjadi Cawapres, Mahfud tetap mendukung Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019.

Baca Juga : Datang ke Istana, Mahfud MD : Saya Ditelepon Jokowi Pukul 02.00 WIB

Baca Juga : Bamsoet Harap Airlangga Hartarto & Agus Gumiwang Kembali Jadi Menteri

Soal jabatan di pemerintahan, Mahfud MD adalah Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang resmi dibentuk pemerintah melalui Perpres No 7 Tahun 2018. Perpres ini ditandatangani oleh Presiden Jokowi pada 28 Februari 2018.

Artinya, hubungan antara Jokowi-Mahfud sudah terjalin lama. Mereka sering bertukar pikiran meski pada Pilpres 2014 sempat bersebrangan lantaran Mahfud menjadi Ketua Timses Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yang jadi pesaing Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini