Jokowi Umumkan Menteri Pagi Ini, Relawan Bilang Gerindra Masuk Koalisi

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Senin 21 Oktober 2019 08:26 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 21 337 2119531 jokowi-umumkan-menteri-pagi-ini-relawan-bilang-gerindra-masuk-kolaisi-y8vTG5yZpw.jpg Ilustrasi Logo Partai Gerindra

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan akan mengumumkan para menteri dan kepala lembaga negara di Kabinet Kerja jilid ll pada Senin (21/10/2019) pagi.

"Sudah rampung, selesai. Besok pagi (Senin) saya kenalkan," ucap Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu 20 Oktober 2019.

Prabowo dan Jokowi (Foto : Okezone.com/Fakhri)

Ia tak membantah terdapat sekira 16 orang dari partai politik yang akan menjadi menteri pada pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin itu. Selain itu, komposisi menteri juga diketahui sekitar 45% dari partai politik dan profesional sebanyak 55%.

Ketua Umum Kelompok Relawan Jokowi Mania, Imannuel Ebenezer menerangkan Partai Gerindra menjadi satu-satunya partai di luar koalisi Jokowi-Ma'ruf yang bergabung ke pemerintah.

Imannuel Ebenezer menyampaikan hal itu usai bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan.

"Di-iya-kan oleh presiden, presiden menegaskan bahwa Gerindra masuk (koalisi)," tutur Imannuel.

Baca Juga : 4 Hal Ini Harus Jadi Fokus Pekerjaan Jokowi-Ma'ruf Usai Dilantik

Baca Juga : Lima Program Kerja Jokowi Akan Dijadikan Pedoman Kader Golkar

Dengan begitu, Partai Demokrat dan PAN yang digadang-gadang akan masuk ke koalisi tidak dapat kursi menteri di Kabinet Jokowi.

"Yang jelas partai selain Gerindra tidak ada (yang gabung lagi). Tapi, ya hampir semua partai ini mau masuk, mereka pengennya masuk, tapi presiden punya pertimbangan, enggak bisa. Tadi presiden menegaskan, kalau semua masuk dalam pemerintahan itu tidak baik dalam demokrasi," tutur Imannuel.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini