nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kota Batu Diterjang Angin Ribut, 1 Orang Meninggal & 550 Jiwa Mengungsi

Rizka Diputra, Jurnalis · Senin 21 Oktober 2019 08:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 21 337 2119526 kota-batu-diterjang-angin-ribut-1-orang-meninggal-550-jiwa-mengungsi-EGWDMPSZiR.JPG Angin ribut terjang Kota Batu, Jawa Timur (Foto: BNPB)

JAKARTA - Bencana angin kencang menerjang Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Akibat bencana ini, satu orang meninggal dunia, sejumlah lainnya luka-luka, dan sekira 550 jiwa terpaksa mengungsi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, melaporkan, kecepatan angin pagi ini sudah menurun dan pemulihan darurat akan segera dilakukan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo mengatakan, angin kencang melanda Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu sejak Sabtu 19 Oktober 2019 malam sekira pukul 23.30 WIB. Keesokan harinya angin masih berhembus kencang. Wilayah Desa Sumberbrantas hampir seluruhnya lumpuh.

"Banyak pohon tumbang yang mengganggu akses jalan raya dan mengancam beberapa bangunan rumah maupun dan fasilitas umum. Hingga saat ini listrik masih padam dan mengganggu jaringan komunikasi. Korban jiwa satu orang meninggal dunia dan beberapa orang mengalami luka-luka dan gangguan saluran pernafasan," ucapnya dalam keterangan tertulis kepada Okezone, Senin (21/10/2019).

Adapun dampak kerusakan yang ditimbulkan meliputi bangunan rumah, fasilitas umum, jaringan komunikasi dan jaringan listrik.

Upaya yang dilakukan sejauh ini ialah berkoordinasi dengan pihak terkait , mengevakuasi masyarakat terdampak ke pos pengungsian, pendirian pos pelayanan kesehatan dan pendirian dapur umum. Sedangkan titik pengungsian di antaranya tersebar di Posko PB BPBD Kota Batu, rumas dinas Wali Kota, Balai Desa Punten, Balai Desa Tulungrejo

Pengungsi Korban Angin Ribut

"Rekomendasi tindak lanjut ialah mengevakuasi seluruh warga yang berada di Desa Sumberbrantas. Atas pertimbangan keamanan dan keselamatan, jalur lalu lintas Kota Batu-Kab. Mojokerto via Cangar ditutup," tuturnya.

Aparat TNI, Polri, dan Satpol PP telah bergerak untuk mengamankan lokasi terdampak yang ditinggalkan. Sedangkan instansi yang terlibat dalam penanggulangan bencana ini ialah dari unsur Pemerintah Kota Batu, TNI, Polri dan relawan.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini