nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

ICW Menanggapi Pidato Jokowi saat Pelantikan sebagai Presiden

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Senin 21 Oktober 2019 08:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 21 337 2119506 icw-menanggapi-pidato-jokowi-saat-pelantikan-sebagai-presiden-mBrYmnfhwZ.jpg Pidato Presiden Jokowi. (Foto: Lukas/Biro Pers Setpres)

JAKARTA – Dalam pidato pertama usai dilantik menjadi presiden periode 2019–2024, Joko Widodo sama sekali tidak menyinggung mengenai pemberantasan korupsi dan penegakan hukum.

Mengenai hal itu, Koordinator Divisi Korupsi Politik Indonesia Corruption Watch (ICW) Donal Fariz menyatakan tidak kaget kalau korupsi dan hukum tidak dibahas dalam pidato kenegaraan Jokowi.

Baca juga: Tiba di Istana, Jokowi: Alhamdulillah, Pelantikan Berjalan Khidmat & Penuh Keagungan 

Tak hanya dalam pidato pelantikan, Donal juga mengingatkan kembali bahwa dalam pidato kemenangan beberapa waktu lalu, Jokowi sama sekali tidak menyinggung masalah korupsi sebagai prioritas pemerintah.

Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

"Bagi kami tidak mengagetkan, karena memang sudah berkali-kali hal ini terjadi," ucap Donal ketika berbincang dengan Okezone, Minggu 20 Oktober 2019.

Baca juga: Jokowi: Terima Kasih TNI-Polri & BIN Telah Menjaga Keamanan Pelantikan Presiden 

Oleh karena itu, Donal pun menyimpulkan bahwa masalah korupsi dan penegakan tidak menjadi prioritas pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin selama lima tahun mendatang.

"Isu ini menjadi titik terlemah kinerja pemerintah selama satu periode sebelumnya. Padahal isu hukum dan pemberantasan korupsi semakin ditinggalkan justu akan menjadi beban bagi pemerintahan," ungkapnya.

Sekadar diketahui, Jokowi menyampaikan lima hal prioritas pekerjaannya usai dilantik sebagai presiden terpilih untuk periode 2019–2024.

Kelimanya mulai dari pembangunan sumber daya manusia (SDM), pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, menerbitkan UU Cipta Lapangan Kerja dan Pemberdayaan UMKM, serta reformasi birokrasi.

Baca juga: Jokowi Langsung Gelar Syukuran dengan Relawan di Istana Merdeka 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini