nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Hal Ini Harus Jadi Fokus Pekerjaan Jokowi-Ma'ruf Usai Dilantik

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Senin 21 Oktober 2019 07:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 21 337 2119499 4-hal-ini-harus-jadi-fokus-pekerjaan-jokowi-ma-ruf-usai-dilantik-Wy4uHB2uvP.jpg Presiden Joko Widodo. (Foto: Lukas/Biro Pers Setpres)

JAKARTA – Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin, menyoroti empat hal yang harus menjadi fokus pekerjaan pemerintahan presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin dalam lima tahun mendatang.

Pertama, menurut Ujang, harus membenahi masalah persatuan di Indonesia. Pasalnya beberapa waktu belakangan, kata dia, terjadi pergolakan terkait persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca juga: Jokowi Kembali Dilantik sebagai Presiden, Gibran: Senang dan Bangga 

"Yang pertama persoalan disintegrasi bangsa, artinya persatuannya mesti dijaga. Karena yang kemarin kan kita tahu kalau Papua bergejolak, nah mungkin yang lain-lain juga memiliki keprihatinan yang sama," ucap Ujang ketika berbincang dengan Okezone, Minggu 20 Oktober 2019.

Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

Adapun pekerjaan kedua, penegakan hukum. Hal itu, menurut Ujang, perlu ada tindakan lebih tegas dari pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin ke depannya.

Baca juga: PDIP Doa Bersama dan Potong Tumpeng Syukuran Pelantikan Jokowi-Ma'ruf 

"Karena Pak Jokowi dan Ma'ruf Amin dilantik untuk menjadi presiden seluruh masyarakat Indonesia, bukan presiden partai tertentu, atau kelompok-kelompok tertentu," terangnya.

Ketiga, mengatasi masalah perekonomian yang menjadi dasar bermasyarakat dan bernegara. Keempat, masalah reformasi birokrasi seperti yang disampaikan Jokowi dalam pidatonya.

"Di negara maju ini tidak ada birokrasi yang berbelit-belit, tidak ada yang tak melayani. Salah satu kemajuan bangsa adalah birokrasi yang melayani dan tidak mempersulit. Gimana memangkas birokrasi yang sudah rusak, menjadi borikrasi yang efisien," tutur Ujang.

Baca juga: Ucapkan Selamat kepada Jokowi, Hary Tanoe Harap Ekonomi Semakin Baik 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini