nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 21 Oktober: Kamikaze Pasukan Jepang hingga Myanmar Ganti Bendera

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Senin 21 Oktober 2019 06:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 21 337 2119495 peristiwa-21-oktober-kamikaze-pasukan-jepang-hingga-myanmar-ganti-bendera-KAyxHOelqH.jpg Serangan kamikaze pasukan Jepang ke kapal Australia. (Foto: Wikipedia.org)

JAKARTA – Sejumlah peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 21 Oktober. Beberapa di antaranya Jepang yang melakukan serangan bunuh diri dan negara Myanmar yang mengganti benderanya.

Okezone pun coba merangkum beberapa momen penting dan bersejarah lainnya yang berlangsung pada hari ini, sebagaimana dikutip dari Wikipedia.org, Senin (21/10/2019).

1944 – Pasukan Jepang Melakukan Serangan Bunuh Diri 

Pasukan Jepang melakukan serangan bunuh diri untuk pertama kalinya. Tindakan itu pun disebut kamikaze. Serangan ini mendera Kapal HMAS Australia yang dihantam pesawat Jepang.

Saat itu pasukan Jepang membawa bom seberat 200 kilogram di perairan dekat Pulau Leyte, Filipina. Akibat serangan tersebut, sebanyak 30 awak kapal HMAS tewas.

1986 – Kepulauan Marshall Dapat Kemerdekaan dari Amerika Serikat

Kepulauan Marshall memperoleh kemerdekaan dari Amerika Serikat pada 21 Oktober 1986. Sebelumnya kepulauan yang terletak di antara Hawaii dan Australia ini sudah mendirikan pemerintahan, tepatnya pada 1979.

Kepulauan Marshall sendiri sempat tidak pernah dikunjungi oleh orang selama beberapa abad. Namun pada 1788, Kapten Inggris John Marshall mengunjunginya dan kepulauan ini dinamakan berdasarkan namanya.

2010 – Myanmar Mengganti Bendera Nasional

Pemerintah Myanmar memutuskan mengganti bendera nasionalnya. Mereka kemudian secara resmi memperkenalkan bendera barunya tersebut.

Semula bendera Myanmar berwarna merah dan biru dengan gambar gerigi roda dikelilingi 14 bintang dan setangkai padi di tengahnya.

Sekarang diganti bendera baru berwarna kuning, hijau, dan merah dengan bintang besar berwarna putih di tengahnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini