nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Angin Kencang di Kota Batu Sebabkan 1 Orang Meninggal dan 1.216 Mengungsi

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 21 Oktober 2019 03:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 21 337 2119485 angin-kencang-di-kota-batu-sebabkan-1-orang-meninggal-dan-1-216-mengungsi-m27BuRINdW.jpg Angin kencang yang menerjang Desa Sumberbrantas, Kota Batu, Jawa Timur. (Foto: Avirista Midaada/Okezone)

KOTA BATU – Selain membuat sejumlah warga di Desa Sumberbrantas, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, memutuskan mengungsi, terjangan angin kencang juga membuat seorang warga meninggal dunia. Sementara sejumlah orang lainnya mengalami luka-luka.

Warga bernama Sodiq yang beralamat di Gunungsari, Kota Batu, mengembuskan napas terakhir usai tertimpa pohon saat melintas di Jalan Raya Desa Sumberbrantas.

Baca juga: Angin Kencang Rusak Bangunan di Kota Batu, 550 Warga Mengungsi 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, korban kini berada di RSU Karsa Husada untuk menjalani visum lebih lanjut.

Selain menewaskan satu orang, terdapat satu warga yang terluka akibat terkena pecahan kaca yang ikut terbang tertiup angina kencang. Korban seorang laki-laki ini masih menjalani perawatan intensif di RSU Karsa Husada.

Baca juga: 50 Rumah di Sumbar Rusak Diterjang Angin Kencang 

"Ada korban terkena pecahan kaca di tangannya akibat angin kencang. Saat ini menjalani perawatan di RSU Karsa Husada," ungkap Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim ketika dikonfirmasi Okezone, Minggu 20 Oktober 2019 malam.

Sampai Minggu malam, sejumlah warga Desa Sumberbrantas dan sekitarnya terus berdatangan di empat posko pengungsian BPBD Kota Batu yakni Balaidesa Punten, Balaidesa Tulungrejo, rumah dinas Wali Kota Batu, dan Kantor BPBD Kota Batu.

1.216 Orang Mengungsi di 5 Lokasi Berbeda

Hingga Senin dini hari tercatat sudah ribuan warga Kota Batu dari dua desa yang terdampak angin kencang mengungsi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, hingga Senin (21/10/2019), sekira pukul 01.00 WIB, sebanyak 1.216 orang mengungsi. Para pengungsi ditampung di lima lokasi berbeda.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan pihaknya telah menyiapkan lima titik posko pengungsi, terbanyak berada di Balai Desa Punten, Bumiaji.

"Kami siapkan lima posko pengungsian di Posko PB BPBD Kota Batu, rumah dinas Wali Kota Batu, Balai Desa Punten, Balai Desa Tulungrejo, dan SDN 1 Punten," ungkap Rochim saat dikonfirmasi pada Senin dini hari.

Dari lima pos pengungsian tersebut, 351 orang ditampung di Posko Penanggulangan Bencana (PB) BPBD Kota Batu, 122 jiwa di rumah dinas Wali Kota Batu, 40 orang di Balai Desa Tulungrejo, 173 orang di SDN 1 Punten, dan terbanyak di Balai Desa Punten dengan 530 orang.

"Di pos-pos pengungsian ini kami sudah mendirikan dapur umum dan pos pelayanan kesehatan. Sementara ini kebutuhan yang cukup mendesak bahan makanan, air mineral, perlengkapan bayi, dan perlengkapan mandi, serta selimut," jelasnya kembali.

Sementara itu, selain merusak sejumlah rumah di Desa Sumberbrantas, angin kencang juga dilaporkan merusak 20 unit rumah di Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Tidak hanya itu, fasilitas umum, jaringan listrik, dan telekomunikasi di dua desa yakni Sumberbrantas dan Sumbergondo, Bumiaji, Kota Batu, juga rusak.

Dari pantauan di lapangan, warga terus berdatangan ke pos-pos pengungsian yang disiapkan BPBD Kota Batu. Para pengungsi ini dievakuasi paksa dari permukiman mereka lantaran tiupan angin yang masih kencang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini