Ma'ruf Amin Resmi Gantikan Posisi Jusuf Kalla sebagai Wapres Jokowi

Arie Dwi Satrio, Okezone · Minggu 20 Oktober 2019 16:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 20 337 2119358 ma-ruf-amin-resmi-gantikan-posisi-jusuf-kalla-sebagai-wapres-jokowi-Qg1HRSVdW9.jpg KH Ma'ruf Amin saat membacakan sumpah jabatan wapres saat sidang paripurna pelantikan presiden-wakil presiden di Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu (20/10/2019). (Foto : iNews)

JAKARTA – KH Ma'ruf Amin resmi menjadi Wakil Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode 2019-2024. KH Ma'ruf Amin dilantik sebagai Wapres oleh sepuluh pimpinan MPR RI dengan ditandai oleh pembacaan sumpah jabatan dan penandatanganan berita acara pelantikan.

Pembacaan sumpah jabatan presiden dan wakil presiden dipimpin oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) melalui sidang paripurna. Dengan demikian, tugas Jusuf Kalla ke depannya akan diambil alih oleh Ma'ruf Amin.

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Ma'ruf Amin mengikuti sumpah yang dibacakan Ketua MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019).

Usai dibacakan sumpah jabatan dan penandatanganan berita acara, Bamsoet mempersilakan Jusuf Kalla menyerahkan kursi kekuasaannya untuk lima tahun ke depan kepada KH Ma'ruf Amin.

Ma'ruf Amin membaca sumpah jabatan wapres. (BPMI)

"Mempersilakan agar Bapak Muhammad Jusuf Kalla menyerahkan kursinya ke Bapak KH Ma'ruf Amin," kata Bamsoet.

Tak lupa, ‎Bamsoet juga memberikan selamat kepada Jokowi-Ma'ruf Amin setelah resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024. Ketua MPR berharap Jokowi-Ma'ruf Amin bisa menjalankan amanahnya selama lima tahun ke depan.

"Selamat kepada Bapak Jokowi dan Bapak KH Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wapres untuk menjalankan amanah rakyat dan bangsa untuk lima tahun ke depan," katanya.


Baca Juga : Jokowi-Ma'ruf Resmi Jadi Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024

Sebagaimana diketahui, Jokowi-Ma’ruf Amin sudah ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2019 oleh KPU RI setelah meraih 85.607.362 atau 55,50 persen suara. Pasangan ini mengalahkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang hanya mendapat 68.650.239 atau 44,50 persen suara.


Baca Juga : Ketua MPR: Keberhasilan Jokowi Tak Lepas dari Kerja Keras JK

(erh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini