nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunung Ranti Banyuwangi Terbakar, 4 Pendaki Terjebak

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Minggu 20 Oktober 2019 12:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 20 337 2119281 gunung-ranti-banyuwangi-terbakar-4-pendaki-terjebak-awhuSeksr9.jpg Ilustrasi Kebakaran Hutan dan Lahan (foto: Ist)

JAKARTA - Area Gunung Ranti, Banyuwangi, Jawa Timur, terbakar sejak Sabtu 19 Oktober 2019. Saat ini dilaporkan 4 pendaki terjebak akibat kebakaran hutan di Gunung Ranti.

Agus Wibowo, Kepala Pusdatin dan Humas BNPB mengatakan, dirinya mendapat laporan dari Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jatim, Suban Wahyudiono bahwa 4 pendaki sempat terjebak akibat kebakaran hutan di Gunung Ranti, Banyuwangi. Namun, pada Minggu (20/10/2019) sekira pukul 03.00 WIB, mereka sudah berhasil diselamatkan.

Baca Juga: Karhutla di Sumsel Sulit Padam, Menteri LHK: Ada yang Bakar Lahan Sembunyi-Sembunyi 

"Terdapat 4 orang survivor terjebak di Gunung Ranti (2 orang laki-laki dan 2 orang perempuan asal Jember). Posisi survivor saat ini berada di ketinggian 2.100 mpdl, jauh dari posisi kebakaran," kata Agus Wibowo melalui keterangan tertulis yang diterima Okezone.

Ilustrasi (foto: Okezone) 

Dia menambahkan, rencananya bila tidak ada kendala akan dilakukan evakuasi survivor oleh tim SAR gabungan. Evakuasi akan dilakukan melalui 2 titik, yakni dari pintu masuk pendakian Gunung Ranti dan dari erek-erek jalur lama.

"Kemudian, jalur menuju wisata Gunung Ranti dan Kawah Ijen ditutup sementara di Rest Area Jambu. Hingga saat ini masih terpantau adanya asap," ucap dia.

Menurut Agus, Tim Gabungan yang dikoordinasikan BBPD Banyuwangi, terdiri dari Pos Siaga Sar Ketapang, Banyuwangi, Polsek Licin, Pos Ramil Licin, Perhutani, Kecamatan Licin, TRC BPBD Banyuwangi, Relawan dan Potensi SAR terus melakukan pemantauan.

Sementara upaya penanganan yakni, BPBD Jatim melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Banyuwangi dan unsur terkait tentang upaya pemadaman dan evakuasi korban yang terjebak.

Baca Juga: Pria Ini Tewas Terpanggang saat Bakar Lahannya untuk Berkebun

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini