nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 20 Oktober: Gus Dur, SBY dan Jokowi Dilantik Jadi Presiden

Muhamad Rizky, Jurnalis · Minggu 20 Oktober 2019 08:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 20 337 2119229 peristiwa-20-oktober-gus-dur-sby-dan-jokowi-dilantik-jadi-presiden-izgX7RqwNT.jpg Presiden Joko Widodo (foto: Okezone)

JAKARTA - Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada tanggal 20 Oktober. Banyak moment yang tak bisa dilupakan di tanggal tersebut, salah satunya pelantikan tiga orang presiden di Indonesia. Siapa saja mereka?

Untuk mengingat kembali Okezone telah merangkum kejadian pada 20 Oktober yang bersumber dari Wikipedia:

1. 1964 - Berdirinya Partai Golkar

Wakil Presiden Jusuf Kalla Hadiri Penutupan Munaslub Partai Golkar 

Berdirinya Partai Golkar bermula dari Sekber Golkar pada masa akhir pemerintahan Presiden Soekarno tepatnya pada 1964 oleh Angkatan Darat untuk menandingi pengaruh Partai Komunis Indonesia (PKI) dalam kehidupan politik. Dalam perkembangannya Sekber Golkar berubah menjadi salah satu organisasi peserta pemilu.

Golkar kemudian turut menjadi peserta pemilu pada 1971 pemilu perrtama dalam pemerintahan Orde Baru Presiden Soeharto dan menang. Ia kemudian menang lagi pada Pemilu 1977, 1982, 1987, 1992, dan 1997. Belakangan setelah pemerintahan Soeharto selesai dab reformasi bergulir, Golkar menjadi Partai Golkar.

2. 1968 - Isra Miraj Jadi Libur Nasional

Tabligh Akbar Isra Miraj (foto: Okezone)	 

Peristiwa Isra dan Miraj merupakan bagian kedua perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam. Kejadian ini meruoakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa inilah Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam.

Beberapa penggambaran dan kejadian ini dapat di lihat di surah ke-17 Alquran yaitu surah Al-Isra. Menurut tradisi peejalanan ini dikaitkan dengan Lailat al Mi'raj sebagai salah satu yang paling penting dalam kalender Islam.

Di Indonesia peristiwa Isra Miraj kerap disambut dengan berbagai macam perayaan. Karena peritiwa penting itu pula untuk yang pertama kalinya menjadi libur nasional.

3. 1999, 2004, 2019, 2014 - Pelantikan 3 Presiden Indonesia

Pelantikan Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden ternyata bertepatan dengan tanggal 20 Oktober.

OKEZONE FILES: Kirab Budaya Syukuran Pelantikan Jokowi-JK Tiba di Bundaran HI 

Abdurrahman Wahid atau yang dikenal sebagai Gus Dur merupakan tokoh muslim Indonesia dan pemimpin politik. Ia menjadi presiden ke-4 RI menggantikan Presiden BJ. Habibie setelah dipilih oleh MPR terhadap hasil Pemilu 1999. Dia menjabat sebagai presiden dan dilantik pada 20 Oktober 1999.

Selain Gus Dur, Presiden Ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga dilantik pada 20 Oktober 2004 setelah terpilih. Dia juga terpilih untuk yang kedua kalinya pada Pemilu 2009 dan dilantik pada 20 Oktober tahun itu.

Selain kedua mantan presiden itu, ada pula Presiden ke-7 RI Joko Widodo juga dilantik pada 20 Oktober 2014. Ia kemudian kembali terpilih pada 2019 dan dilantik pula pada 20 Oktober hari ini.

4. 2011 - Wafatnya Muammar Khadafi

Muammar Muhammad Abu Minyar Khadafi atau Gaddafi adalah seorang tokoh revolusi dan politikus asal Libya. Ia berkuasa di Libya sebagai kepala Revolusioner Republik Arab Libya. Ia lahir di Surt pada masa penjajahan Italia tahun 1940 dan meninggal pada 20 Oktober 2011 di usia 68 tahun.

Muammar Muhammad Abu Minyar Khadafi atau Gaddafi (Wikipedia)	 

Khadafi adalah tokoh yang kontroversial. Ia merajai politik Libya selama empat dasawarsa dan menjadi subjek kultus kepribadian. Ia mendapatkan berbagai penghargaan dan menuai pujian karena ia memiliki pandangan anti-imperialis dan mendukung kesatuan Arab (dan kemudian berubah menjadi kesatuan Afrika), dan ia juga telah meningkatkan taraf hidup rakyatnya.

Di sisi lain, kelompok fundamentalis Islam sangat menentang reformasi sosial dan ekonominya. Selain itu, ia juga dikutuk sebagai seorang diktator yang telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia dan mendanai terorisme di luar negeri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini