nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melihat Lagi Sosok Jokowi, Presiden dari 'Wong Cilik'

Muhamad Rizky, Jurnalis · Minggu 20 Oktober 2019 07:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 20 337 2119225 melihat-lagi-sosok-jokowi-presiden-dari-wong-cilik-Ql6tGzb3LB.jpg Presiden Jokowi (Foto ANTARA)

JAKARTA - Joko Widodo alias Jokowi hari ini kembali dilantik sebagai Presiden untuk periode kedua, berpasangan dengan KH Ma’ruf Amin sebagai Wakil Presiden. Pelantikan berlangsung dalam Rapat Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019) siang.

Jokowi hari ini mengakhiri masa jabatan sebagai Presiden periode 2014-2019. Dia kembali dikukuhkan sebagai Kepala Negara setelah menang dalam Pilpres 2019, mengalahkan rivalnya Prabowo Subianto dengan selisih 16,9 juta suara.

Jokowi merupakan Presiden pertama RI yang berasal dari rakyat biasa alias wong cilik.

 jokowi

Presiden Jokowi blusukan (Biro Pers Setpres)

Lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961, Jokowi merupakan anak sulung dari empat bersaudara. Ia putra satu-satunya dari pasangan Noto Miharjo dan Sudjiatmi. Jokowi berasal dari keluarga sangat sederhana.

Baca juga: Jokowi Kenang saat Ajak Istri Tinggal di Pedalaman Hutan Aceh

Faktor ekonomi keluarga yang serba kekurangan membuat Jokowi kecil tak mengenal kata manja. Ia ikut berdagang, jadi ojek payung, hingga kuli panggul untuk menambal biaya pendidikannya.

Jokowi menghabiskan pendidikan dasar hingga Sekolah Menengah Atas di Solo. Setelah lulus, ia kuliah di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta hingga jadi insinyur.

Selesai kuliah pada 1985, Jokowi menikahi gadis pujaannya Iriana. Usia Jokowi saat itu 25 tahun.

 Jokowi

Presiden Jokowi dan Iriana (Instagram)

Jokowi kemudian diterima sebagai karyawan di PT Kertas Kraft Aceh. Ia ditempatkan di area hutan pinus di dataran tinggi Gayo, Aceh. Selama tiga tahun di sana, Jokowi bahkan memiliki orangtua angkat di Kabupaten Bener Meriah.

Baca juga: Cerita Jokowi Bekerja di Aceh, Bangun Bisnis Tanpa Modal hingga Jadi Presiden

Karena Iriana hamil dan memilih melahirkan di kampung, Jokowi akhirnya meninggalkan Aceh dan kembali ke Solo.

Jokowi kemudian bekerja dengan pamannya Miyono yang memiliki CV Roda Jati. Berbekal pengalaman di sana dan modal seadanya, Jokowi nekat membuat usaha mebel sendiri bernama CV Rakabu yang diambil dari nama anak pertamanya Gibran Rakabuming.

Jokowi sempat jatuh bangun dalam membesarkan bisnisnya hingga sukses jadi pengusaha mebel. Hasil karyanya bahkan ikut diekspor ke Eropa.

Ia bertemu dengan Micl Romaknan, rekan bisnisnya di Eropa. Romaknanlah yang mempopulerkan panggilan Joko Widodo menjadi Jokowi.

Jokowi kemudian terjun ke politik. Dia bergabung dengan PDI Perjuangan.

Jokowi maju di Pilkada Solo 2005, diusung PDI dan PKB. Dia terpilih menjadi Wali Kota Solo selama dua periode. Sukses di Solo, Jokowi hijrah ke Ibu Kota.

Jokowi berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok maju di Pilkada DKI Jakarta 2012. Pasangan itu terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur.

Nama Jokowi makin populer terlebih karena gaya kepemimpinannya yang lebih dekat dengan rakyat dan rajin blusukan, jauh dari kesan elite. Jokowi kemudian mencoba peruntungan maju di Pilpres 2014 berpasangan dengan Jusuf Kalla dan terpilih sebagai Presiden ketujuh RI.

Selama lima tahun memimpin Indonesia, Jokowi sudah membuat berbagai terobosan.

Pada Pilpres 2019, dia kembali mencalonkan diri berpasangan dengan Ma’ruf Amin. Pasangan ini terpilih dan hari ini dilantik sebagai pemimpin Indonesia untuk lima tahun mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini