nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ratusan Anak Masuk RSJ karena Kecanduan Gadget Jadi Tamparan Semua Keluarga

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Sabtu 19 Oktober 2019 18:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 19 337 2119073 ratusan-anak-masuk-rsj-karena-kecanduan-gadget-jadi-tamparan-semua-keluarga-kLNA0ydQG6.jpg (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Praktisi psikologi anak dan remaja Anrio Marfizal menilai kalau kasus ratusan anak dibawa ke rumah sakit jiwa karena kecanduan gadget adalah tamparan bagi semua keluarga di Indonesia.

"Kasus ini adalah tamparan untuk semua keluarga di Indonesia," ujar Anrio kepada Okezone, Sabtu (19/10/2019).

Pasalnya, menurut Rio, kasus ini didasari oleh salahnya pola asuh dari setiap orangtua terhadap anak-anak. Kebanyakan dari mereka justru sibuk bekerja, dan membiarkan anak bermain gadget.

"Ini adalah tanda bahwa ayah harus segera pulang ke rumah, ibu harus segera pulang ke rumah," ujar Alumni Fakultas Psikologi UIN Jakarta ini.

Baca Juga: Fakta Kecanduan Gadget Bisa Bikin Anak Alami Gangguan Kejiwaan

Sedangkan yang dibutuhkan oleh anak-anak adalah bermain. Di saat mereka ingin bermain, namun tidak ada lagi alat yang digunakan, maka gadget merupakan salah satu alat agar anak-anak bisa menemukan dunianya.

"Orangtua cuma bisa membatasi gadget tapi enggak bisa ngasih subsitusinya apa, sedangkan dunia anak memang dunia bermain, mereka bermain dan mereka enggak punya pilihan, mau apalagi?" terang Rio.

Padahal, Rio menilai kalau tidak semua penggunaan gadget pada anak-anak akan menimbulkan masalah, asalkan si anak idak menggunakannya hingga kecanduan, dan itu diperlukan kontrol dari orangtua.

Seperti diketahui, Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Jawa Barat (Jabar) merawat ratusan anak yang mengalami gangguan jiwa, akibat kecanduan gadget atau gawai.

Hasil pemeriksaan tim medis menyatakan masalah kejiwaan yang dialami anak-anak ini disebakan penggunaan gawai yang berlebihan. Rata-rata pasien kecanduan mulai dari game online, browsing internet dan sejumlah aplikasi lainnya. (edi)

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini