nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

YLBHI Prediksi LBH Medan Diserang Bom Molotov karena 3 Hal Ini

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Sabtu 19 Oktober 2019 17:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 19 337 2119066 ylbhi-prediksi-lbh-medan-diserang-bom-molotov-karena-3-hal-ini-g6OP4PHh2b.jpg LBH Medan dilempar bom molotov (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Pihak Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) mengaku sampai saat ini belum mengetahui motiv dari serangan bom molotov yang terjadi di kantor LBH Medan, Sumatera Utara pada Sabtu (19/10/2019) dini hari.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Divisi Kampanye dan Jaringan YLBHI Arip Yogiawan usai menggelar acara diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10/2019).

Namun, Arip memprediksi serangan terhadap Kantor LBH Medan itu ditenggarai tiga hal, yakni berikan bantuan hukum kepada masyarakat, mengawal agenda-agenda reformasi, dan juga pengusutan kasus aktivis Walhi Sumut Golfrid Siregar.

Ilustrasi Shutterstock

"Tapi kami menilai itu adalah sebuah serangan yang sangat serius dilakukan di kantor LBH yang selama ini memberikan bantuan hukum terhadap masyarakat. Yang kedua selama ini LBH Medan itu mengawal agenda-agenda reformasi, demokrasi," ucap Arip.

"Terakhir teman-teman LBH Medan bersama jaringan masyarakat sipil di Sumut sedang mengusut kasus meninggalnya Golfrid aktivis yang kemaren meninggal," lanjutnya.

Baca Juga : Kantor LBH Medan Dilempar Bom Molotov

Baca Juga : Ini Identitas 4 Korban yang Tewas Terbakar di Tol Trans Sumatera

Dibalik apapun motif dari serangan bom molotov itu, Arip berharap pengusutan kejadian yang menimpa Kantor LBH Medan dapat dilakukan secara tuntas.

"Yang jelas kami melihat itu serangan terhadap pembela HAM, sehingga apapun bentuknya harus diusut tuntas," tutup Arip.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini