nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Diprediksi Umumkan Nama-Nama Menterinya pada 23 Oktober

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Sabtu 19 Oktober 2019 16:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 19 337 2119056 jokowi-diprediksi-umumkan-nama-nama-menterinya-pada-23-oktober-fHqTkjMNNc.jpg Jokowi-Maruf Amin (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) diprediksi tidak akan langsung mengumumkan komposisi menterinya pasca-pelantikan pada 20 Oktober 2019, esok hari.

"Artinya jangan pernah mengharap umumkan kabinet di hari yang sama karena usai pelantikan kan sudah selesai sore," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari di diskusi Polemik MNC Trijaya Network bertajuk Teka-teki Menteri dan Koalisi, di d'consulate, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10/2019).

Proses pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden akan dilaksanakan di Gedung MPR pada 20 Oktober sekira pukul 14.00 WIB.

Jokowi-Maruf (Foto : Istimewa)

Qodari memperkirakan, pengumuman jajaran pembantu Jokowi akan dilaksanakan paling cepat pada 23 Oktober. Mengingat, tanggal 22 Oktober ada agenda internasional yaitu penobatan Kaisar Naruhito di Jepang.

Diperkirakan, Indonesia akan mengirimkan perwakilannya dalam rangkaian kenegaraan tersebut. Kemungkinan, Presiden atau Wakil Presiden akan menghadiri penobatan tersebut.

Baca Juga : Ini Sumpah yang Akan Diucapkan Jokowi dan Ma'ruf Amin saat Pelantikan

Baca Juga : 3.500 Personel Polda Jambi Siaga Amankan Pelantikan Presiden

"Itu ada pelantikan Kaisar Naruhito tanggal 22 Oktober 2019 jafi antara salah satu dari Presiden atau Wapres pasti ke Tokyo jadi dugaan saya Rabu," ujar Qodari.

Namun, Qodari menekankan, nama-nama yang sudah dikantongi Jokowi untuk menjadi menterinya tidak akan berubah. Meskipun, pengumumannya tidak dilakukan setelah dilantik.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini