nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tahun Jokowi-JK, Penegakan Hukum dan HAM Dinilai Masih Lemah

Muhamad Rizky, Jurnalis · Sabtu 19 Oktober 2019 08:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 19 337 2118978 5-tahun-jokowi-jk-penegakan-hukum-dan-ham-dinilai-masih-lemah-PPRWU9CYud.jpeg Presiden Jokowi (Biro Pers Setpres)

JAKARTA – Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla memasuki masa akhir periode jabatan. Namun, dalam lima tahun kepemimpinan Jokowi, penegakan hukum dan hak asasi manusia (HAM) dinilai masih lemah. Ini termasuk soal janji penuntasan kasus HAM masa lalu yang tak pernah terwujud.

Hal itu dikatakan Ketua Umum Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Asfinawati saat menilai lima tahun pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

"(Dari segi) penegakan hukum dan HAM di Nawacita paling lemah," kata Asfinawati saat dikonfirmasi Okezone, Sabtu (19/10/2019).Munir

Demo tuntut penuntasan kasus pembunuhan Munir Said (Okezone)

Menurut dia, sejak awal persoalan hukum dan HAM memang belum mendapat tempat yang utama di pemerintahan Jokowi-JK. Prioritas utama pemerintah dalam lima tahun ini adalah pembangunan infrastruktur.

"Ini diakui sendiri dengan mengatakan fokus tahap I adalah pembangunan," ujarnya.

Alhasil, kata Asfinawati, janji-janji Jokowi yang masuk dalam nawacita di masa kepemimpinannya untuk menyelesaikan kasus seperti peristiwa kerusuhan Mei 1998, Tragedi Trisakti, penculikan aktivis reformasi 1998, pembunuhan Munir Said Thalib dan pelanggaran HAM berat lainnya tidak bisa diselesaikan.

"Kasus-kasus pelanggaran berat HAM yang disebut tidak ada yang selesai, khususnya hukum dan HAM," tukasnya.

Saat kampanye Pilpres 2014, Jokowi pernah berjanji menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran berat HAM masa lalu dan menghapus impunitas. Bahkan janji itu masuk dalam visi, misi, dan program aksi yang dikenal dengan sebutan Nawacita.

Salah satu dari sembilan visi misi di Nawacita Jokowi adalah janji akan memprioritaskan penyelesaian secara berkeadilan terhadap kasus-kasus pelanggaran HAM pada masa lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini