nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bupati Ngada Berhasil Bangun Pariwisata: Tak Ada Lagi Nelayan Pakai Bom Ikan

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 19 Oktober 2019 01:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 19 337 2118936 bupati-ngada-berhasil-bangun-pariwisata-tak-ada-lagi-nelayan-pakai-bom-ikan-Js1tLdgZRQ.jpg Bupati Ngada Paulus Soliwoa (Okezone.com/Fadel)

JAKARTA - Bupati Ngada Paulus Soliwoa meraih penghargaan Sang Pemimpin dari Okezone.com katagori kepala daerah berprestasi dalam bidang pariwisata. Dia menceritakan keseriusannya membangun pariwisata di kabupaten dalam Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) itu.

Salah satunya adalah lewat program menghilangkan maraknya penggunaan bom ikan yang dapat merusak lingkungan dan ekosistem, yakni dengan menggencarkan edukasi serta pengawasan terus menerus.

Hasilnya, kata Paulus, di Ngada kini sudah tak ada lagi nelayan yang menggunakan bom ikan.

"Kami jaga kelestarian lingkungan ini terjaga dengan baik. Sekarang ini sudah tidak ada lagi yang mancing pake bom ikan," kata dia usai menerima penghargaan Sang Pemimpin Okezone.com di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2019).

 Sang Pemimpin

Ngada yang berada di Pulau Flores memiliki banyak destinasi wisata. Selain alam, budaya, Ngada juga terkenal dengan wisata bahari terutama keindahan bawah laut yang menjadi surga bagi para penyelam dan pecinta snorkling.

Menurut Paulus menjaga ekosistem bawah laut berdampak postif kepada pertumbuhan wisatawan yang mengunjungi wilayahnya. Pariwisata salah satu potensi penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) terbesar di Ngada.

 Bupati Ngada

"Secara khusus potensi daerah yang kami miliki itu adalah pertanian pada umumnya lalu pariwisata. Bagaimana kita bicara pertumbuhan? Bagaimana bicara tentang kesejahteraan masyarakat? Oleh karena itu kita melihat sesuatau apa yang kita miiliki," ujarnya.

Baca juga: Ini 18 Kepala Daerah Penerima Penghargaan Sang Pemimpin Okezone.com

Paulus menilai acara Sang Pemimpin yang digelar Okezone.com sangat bermanfaat untuk mendorong kepala daerah terus berinovasi dalam mengembangkan daerahnya.

"Saya pikir ini sebuah bentuk motivasi lain dari setiap pemerintah daerha untukk bisa mendorong mengembangkan potensi daerah yang dimiliki," katanya.

(sal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini