nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rapat Penentuan AKD Hanya Menyepakati Jumlah Anggota

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Jum'at 18 Oktober 2019 20:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 18 337 2118850 rapat-penentuan-akd-hanya-menyepakti-jumlah-anggota-wAN9jH6tjs.jpg Puan Maharani (tengah) (Foto: Okezone/Harits)

JAKARTA - Pimpinan DPR RI bersama Ketua Fraksi menggelar rapat pengganti Badan Musyawarah (Bamus) untuk menentukan komposisi serta pembagian Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Namun, komposisi fraksi dan nama-nama anggota dalam AKD belum ditetapkan.

Ketua DPR RI, Puan Maharani menerangkan dalam rapat Bamus tadi hanya disepakati soal jumlah anggota dalam AKD periode 2019-2024.

“Kami pimpinan DPR dan pimpinan fraksi sudah menyetujui komposisi jumlah anggota fraksi-fraksi,” tutur Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Puan melanjutkan, untuk jumlah anggota AKD semua fraksi sudah menyetujui dengan komposisi anggota antara 48 sampai 56 orang. Kemudian untuk komposisi jumlah anggota fraksi di MKD disepakati akan diisi oleh 17 orang anggota.

Puan maharani

Baca Juga: Cak Imin Sebut Pembagian AKD Masih "Macet"

Selain itu, Rapat Bamus turut menyetujui keanggotaan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI terdiri dari perwakilan dapil, pimpinan fraksi dan pimpinan komisi dengan komposisi Perwakilan dapil adalah 80 anggota, dari pimpinan fraksi 9 anggota, dari pimpinan komisi ada 11 komisi dengan 11 anggota.

“Jadi total ada 100 anggota,” ucap Puan.

Selain itu, hasil rapat Bamus tadi akan dibawa ke paripurna pada Selasa (22/10/2018) mendatang. Nantinya dalam rapat paripurna akan ditetapkan komposisi AKD.

"Kita akan melakulan rapat paripurna untuk penetapan jumlah komisi, penetapan jumlah komposisi anggota AKD dan penetapan jumlah pimpinan dalam AKD," ujar Puan.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini