nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Temui JK, Mahfud MD Diberikan Catatan mengenai Persoalan Bangsa

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at 18 Oktober 2019 21:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 18 337 2118846 temui-jk-mahfud-md-diberikan-catatan-mengenai-persoalan-bangsa-5j4wFPOZdz.jpg Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan Mahfud MD bersama Alwi Shihab, Alissa Wahid, Gus Sholah, usai menyambangi Jusuf Kalla di rumah dinas Wapres, Menteng, Jakarta, Jumat (18/10/2019). (Foto : Okezone.com/Fahreza Rizky)

JAKARTA – Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan Mahfud MD beserta tokoh bangsa lainnya bertemu Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menjelang purnatugas. Pertemuan itu dilakukan di rumah dinas Wapres, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2019).

Mahfud mengatakan, dirinya dan rombongan mengucapkan terima kasih kepada JK atas pengabdiannya kepada negara dan bangsa selama ini. Selain itu, dirinya juga mendiskusikan persoalan bangsa hingga JK memberikan beberapa poin catatan.

"Kami tadi minta nasihat-nasihat apa sih masalah kita ke depan berdasarkan catatan Pak JK, ada beberapa catatan," ucap Mahfud di lokasi, Jumat (18/10/2019).

Mahfud menuturkan, catatan JK yang pertama adalah persoalan kemiskinan dan ketimpangan. Menurut dia, dua hal itu kerap menjadi problem yang harus terus-menerus dicarikan solusinya bersama-sama.

Jusuf Kalla Perpisahan dengan Kementerian Luar Negeri (Foto: Media Sekretariat Wakil Presiden/Ist)

"Meskipun kemiskinan dan ketimpangan itu dari waktu ke waktu sudah dikurangi, tapi tetap menjadi masalah," ucapnya.

Catatan JK selanjutnya adalah masalah politik. Menurut Mahfud, politik itu dinamis sehingga tidak usah terlalu dirisaukan. Politik baru menjadi masalah apabila terjadi kekisruhan di tataran horizontal. Hal itu semakin diperparah apabila dibarengi masalah ekonomi.

"Kita sendiri sepanjang 74 tahun merdeka juga kalau masalah politik dan ekonomi bertemu di saat yaang bersamaan itu amat sulit," tuturnya.

Namun demikian, menurut Mantan Ketua MK itu, situasi Indonesia saat ini tidak terlalu mengkhawatirkan baik dari segi politik maupun ekonomi. Semuanya masih terkendali dengan baik sehingga masyarakat diminta untuk tetap tenang supaya negara bisa menjalankan agenda konstitusionalnya.


Baca Juga : Jelang Purnatugas, JK Disambangi Mahfud MD hingga Gus Sholah

"Tapi sekarang situasinya tidak terlalu mengkhawatirkan secara di seluruh Indonesia harus tetap tenang, silakan perhatikan perilaku politik di tingkat pusat, tapi tidak usah resah," ucap Mahfud.

"Karena keadaan ekonomi kita untuk tahun ini tidak buruk-buruk amat, sehingga mari kita berjalan dengan tenang agar negara ini dapat menjalankan agenda-agenda konstitusionalnya untuk mencapai tujuan negara," tuturnya.


Baca Juga : Terima Kasih Jusuf Kalla!

Diwartakan sebelumnya, selain Mahfud, pertemuan ini turut dihadiri tokoh Gerakan Suluh Kebangsaan lainnya, seperti Salahuddin Wahid (Gus Sholah), Alwi Shihab, Alissa Wahid dan Romo Benny Susetyo.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini