Budiman Sudjatmiko Sepakat Jokowi Butuhkan SDM Desa yang Unggul

Achmad Fardiansyah , Okezone · Kamis 17 Oktober 2019 22:55 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 17 337 2118399 budiman-sudjatmiko-sepakat-jokowi-butuhkan-sdm-desa-yang-unggul-XcYrQGzTiI.jpg Budiman Sudjatmiko (Foto: Okezone)

JAKARTA - Politisi PDI-P Budiman Sudjatmiko sepakat dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengatakan Indonesia membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul agar negara lebih maju di segala bidang.

Menurut Budiman, semua kalangan masyarakat bisa dilatih agar bisa maju, termasuk dari perangkat desa sehingga memiliki SDM unggul dan punya daya saing tinggi. Maka itu Budiman berharap ingin memajukan warga desa, terutama memberi pelatihan, baik dengan pendidikan formal atau informal.

Untuk mewujudkan arahan Presiden Jokowi tersebut, Budiman mengatakan Dana Desa dinilai masih memegang peranan penting. Sebab Dana Desa bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan pendidikan serta investasi demi kemajuan desa.

"Dana Desa bisa dipakai untuk mengembangkan pembiayaan pendidikan warga desa. Dalam jenjang pendidikan sekolah hingga perguruan tinggi dan pendidikan vokasional (ketrampilan)," kata Budiman saat dihubungi wartawan lewat sambungan telepon, Kamis (17/10/2019).

Budiman S

Baca Juga: Hadapi Revolusi Industri, Budiman Sudjatmiko Deklarasi Inovator 4.0

Tidak hanya itu, Budiman menilai sebagian Dana Desa juga bisa diinvestasikan bagi pembangunan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Badan Usaha Milik Antar Desa (BUMADes). Sehingga sebagian profit yang dihasilkan bisa dipakai untuk memberi beasiswa kepada warga desa.

"Karena target SDM pokoknya adalah anak desa, remaja desa dan pemuda serta perangkat desa," jelasnya.

Pemanfaatan teknologi untuk memperkuat SDM unggul juga dikatakan Budiman penting dilakukan seperti menyiapkan SDM desa untuk menguasai teknologi digital. Misalnya saja dengan menggunakan metode Internet of Things, Datapintar atau Blockchain.

"Anak desa yang sedang tinggal di luar negeri juga harusnya bisa didorong menjadi perwakilan BUMDes dan BUMADes membawa nama baik kota asalnya. Tujuannya mereka dapat menjadi penghubung dengan pasar global," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini