nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Moeldoko: Orang Islam Sedang Tak Butuh Perlindungan, Mengapa Harus Ada FPI?

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 17 Oktober 2019 17:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 17 337 2118272 moeldoko-orang-islam-sedang-tak-butuh-perlindungan-mengapa-harus-ada-fpi-VjRYPG3kw6.jpg Foto: Okezone.com

JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menghadiri kegiatan Kuliah Umum bertajuk "Tantangan Ketahanan Nasional Masa Kini" yang diselenggarakan oleh Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (SKSG UI) Program Studi Kajian Ketahanan Nasional, Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2019).

Dalam acara itu, dia didapuk sebagai pembicara. Setelah menjelaskan panjang lebar di atas podium ihwal konsep stabilitas keamanan negara, Moeldoko menerima sesi tanya jawab dari para peserta acara tersebut.

Ada salah satu penonton yang bertanya, "Apakah ada hubungannya antara agama dengan stabilitas?," kata peserta yang tidak diketahui namanya itu.

"Iya," jawab Moeldoko.

 FPI

Moeldoko menjelaskan, bahwa kini banyak umat Islam di Indonesia yang menganggap dirinya paling benar dalam beribadah. Sehingga, orang lain yang tak sepaham dengan pemikirannya langsung dinilai kalau dia adalah ahli neraka.

"Mari kita semuanya punya kesadaran bersama kita harus memberi ruang yang sama. Untuk itu saya ngomong dengan lantang, tidak ada, kita sudah merdeka sekian tahun masih bicara mayoritas minoritas. Hilangkan itu," kata dia di lokasi.

Mantan Panglima TNI itu menyebut pemeluk agama Islam di Tanah Air itu sedang tidak mengalami ancaman dari pihak manapun, ketika menjalani kehidupan beragamanya. Sehingga, mereka pun tak butuh perlindungan untuk melaksanakan ibadahnya.

Menurut dia, dengan kondisi seperti itu maka keberadaan Front Pembela Islam (FPI) sudah tak lagi relevan. Sebab, keadaan sekarang tak lagi seperti dahulu, yaitu saat zaman penjajahan.

 FPI

"Orang Islam tidak dalam kondisi perlu perlindungan. Mengapa harus ada, apa itu Front Pembela Islam? Apa yang dibela? Emangnya Islam sedang dijajah oleh orang lain apa?," ujarnya.

Ia meminta kepada seluruh pihak untuk menumpas budaya intoleransi tersebut. Hal itu karena sangat berpotensi memecah belah umat beragama yang ada di Indonesia.

"Kita punya budaya sendiri, budaya yang kuat. Saya pikir sudahlah jangan memunculkan hal-hal yang menimbulkan unstabilitas, friksi-friksi dan seterusnya," ujar dia.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini