nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jika Gerindra, Demokrat dan PAN Masuk Koalisi, PPP: Jangan Berperilaku sebagai Oposisi

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Kamis 17 Oktober 2019 16:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 17 337 2118251 jika-gerindra-demokrat-dan-pan-masuk-koalisi-ppp-jangan-berperilaku-sebagai-oposisi-dPr1Z2Brs5.jpg Sekjen PPP Asrul Sani (foto: Okezone)

JAKARTA - Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani mengaku partainya tak memperasalahkan nantinya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Partai Gerindra, PAN dan Demokrat untuk bergabung ke dalam koalisi.

Hanya saja, kata Arsul, PPP memberikan underline kepada ketiga parpol itu agar nantinya ketika bergabung menjadi pemerintahan tak bersikap seperti oposisi.

Usai Jajal Naik MRT, Jokowi dan Prabowo Santap Makan di Sate Senayan

Baca Juga: PKS Tak Sesali jika Gerindra Gabung di Pemerintahan 

“PPP itu hanya memberikan underline saja. Bahwa kalo masuk pemerintahan jangan berprilaku sebagai oposisi itu aja,” kata Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Namun demikian, Arsul menyatakan bergabung atau tidaknya ketiga parpol yang notabennya adalah opisis masuk ke dalam koalisi merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi. Karena itu partainya enggan mempermasalahkan.

“Kalau permasalahan itu kan sistem kita itu memberikan hak prerogratif kepada Presiden. Kalau hak prerogratif sistem ketatanegaraan kita ada ditangan Presiden, masa partai politik mempermasalahkannya? tidak seperti itu,” tutur dia.

Diakui Wakil Ketua MPR ini, tugas dari partai politik itu sebetulnya sudah selesai ketika melakukan pengusungan, selebihnya adalah yang sifatnya hal-hal politis saja.

“Bahwa dalam politik Mengusung itu kemudian ada rewardnya itu iya. Tapi kemudian tidak bisa menurut saya reward itu termasuk membatasi hak presiden yang diberi hak prerogratif itu untuk kemudian ikut menentukan yang ini diambil yang itu jangan. Itu kita kembalikan lagi kepada beliau,” urai Arsul.

Baca Juga: Dasco Tegaskan Gerindra Tidak Meminta & Ditawarkan Menteri Pertahanan

Bahas Pilpres, Prabowo Datangi Kediaman SBY di Mega Kuningan

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini