Menteri dari Profesional dan Ahli Dinilai Mampu Tingkatkan Citra Jokowi

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 17 Oktober 2019 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 17 337 2118204 menteri-dari-profesional-dan-ahli-dinilai-mampu-tingkatkan-citra-jokowi-3UohOjnlgV.jpg Presiden Joko Widodo (foto: Okezone)

JAKARTA - Pengamat komunikasi politik dari Universitas Muhammadiyah Bandung (UMB), Roni Tabroni, berpendapat kabinet kerja jilid II idealnya diisi oleh figur yang berprestasi dalam bidangnya. Dengan begitu, menurut dia, pemerintahan akan semakin kuat.

"Di antara parameternya adalah prestasi seseorang pada bidang yang ditanganinya. Presiden Jokowi harus membuktikan kepada publik bahwa dirinya tetap berada pada track-nya sebagai pemimpin yang teguh pada pendiriannya tidak terkooptasi oleh kekuatan parpol yang terus merapat," kata Roni, Kamis (17/10/2019).

Baca Juga: Jokowi: Susunan Kabinet Sudah Rampung, Saya Umumkan Setelah Pelantikan Presiden 

Presiden Jokowi Jenguk Menkopolhukam Wiranto di RSPAD

Roni berharap Jokowi bisa membuktikan kepada publik bahwa prestasi yang telah ditorehkan pada periode awal akan dilanjutkan di periode kedua dengan memosisikan orang-orang berprestasi menjadi tim yang solid di jajaran kabinetnya.

"Langkah ini juga penting untuk menjawab kehawatiran publik bahwa di periode kedua Jokowi, jajaran kabinet hanya akan menjadi rebutan partai politik, karena Jokowi tidak ada kesempatan kembali di periode depan," ungkap dia.

Karena itu, menurut dia, penting bagi Jokowi untuk mempertimbangkan membentuk kabinet meritokrasi, yakni menempatkan orang-orang yang ahli di bidangnya. "Banyak sekali anak bangsa berkualitas dan ahli di bidangnya yang dapat diajak untuk memperkuat kabinet Jokowi," jelas dia.

Roni berpendapat, keberadaan kalangan profesional dan ahli di kabinet akan memberikan citra positif pada kepemimpinan Jokowi sebagai pihak yang komitmen terhadap kinerja ketimbang kompromi politik semata.

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan Alvara Research Center, publik ternyata lebih puas dengan menteri yang berasal dari kalangan profesional. Mengacu pada hasil survei tersebut, lima peringkat teratas menteri terbaik selama pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla berasal dari kalangan profesional.

"Ini artinya, publik mengakui kinerja dari menteri dengan latar belakang profesional," kata CEO Alvara Reaearch Center Hasanuddin Ali.

Baca Juga: Susunan Kabinet Bocor di Medsos, Jokowi: Semuanya Sudah Rampung

Jokowi dan KH Maruf Amin 

Sebelumnya diwartakan, Presiden Jokowi pernah mengatakan bakal mengisi kabinetnya dengan komposisi 45 persen dari kalangan parpol dan 55 persen dari kalangan profesional.

Jokowi dalam channel YouTube Sekretariat Presiden mengungkapkan bahwa dirinya telah merampungkan susunan Kabinet Kerja jilid II. Namun, dia masih merahasiakan identitas para pembantunya tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini