nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demo Mahasiswa Desak Jokowi Terbitkan Perppu KPK, Lalin Sekitar Istana Ditutup

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 17 Oktober 2019 12:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 17 337 2118113 demo-mahasiswa-desak-jokowi-terbitkan-perppu-kpk-lalin-sekitar-istana-ditutup-Pze3NFREVL.jpg Lalin di sekitar Istana Merdeka ditutup. (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

JAKARTA - Sejumlah elemen mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia atau BEM SI Wilayah Jabodetabek-Banten berencana menggelar aksi unjuk rasa di Istana Negara, Kamis (17/10/2019). Demonstrasi itu akan dimulai sekira Pukul 13.00 WIB.

Imbas aksi tersebut, aparat kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas di kawasan sekitar Istana Negara. Beberapa ruas jalan harus ditutup dengan barrier berwarna oranye. Di antarnaya adalah Jalan Medan Merdeka Utara, Medan Merdeka Barat dan Veteran III.

Pantauan Okezone, kendaraan yang bisa melintas di kawasan tersebut hanya yang berpelat nomor polisi atau TNI, bus Transjakarta, serta kendaraan milik Pemprov DKI Jakarta dan PNS kementeria. Selain kendaraan itu, tidak ada yang bisa melewati barrier yang terjejer di ujung jalan.

Sejumlah polisi lalu terlihat berjaga-jaga di persimpangan Jalan MH Thamrin untuk memberitahu ke pengendara motor dan mobil bahwa Jalan Merdeka Barat tidak bisa dilintasi karena sedang ditutup sementara.

(Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

Tampak kendaraan dari arah Jalan MH Thamrin dan Jalan Budi Kemuliaan yang hendak melintas ke Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Medan Merdeka Selatan.

Penutupan arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Barat dilakukan dari kedua arah, baik dari kawasan Istana Negara maupun dari Jalan MH Thamrin.

Arus lalu lintas di kawasan Patung Kuda (Arjuna Wijaya)-Monas, Jakarta Pusat, terpantau ramai lancar.

Seorang polisi, Bripda Iqbal menyebut penutupan jalur tak bisa diprediksi sampai kapan. "Ini ditutup antisipasi demo. Enggak tahu kapan bakal dibuka kembali," ujarnya.

(Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

Sebagai informasi, aksi mahasiswa ke Istana Negara itu dilakukan lantaran saat ini Jokowi tak kunjung mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) KPK.

Diperkirakan ada 1.000 mahasiswa yang ikut aksi. Mereka bergerak dari kampus masing-masing menuju titik kumpul di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini