Jokowi: Susunan Kabinet Sudah Rampung, Saya Umumkan Setelah Pelantikan Presiden

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Kamis 17 Oktober 2019 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 17 337 2118079 jokowi-susunan-kabinet-sudah-rampung-saya-umumkan-setelah-pelantikan-presiden-PyYkqQoCAt.jpeg Presiden Jokowi (Biro Pers Setpres)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan susunan kabinet pemerintahannya periode 2019-2024 sudah rampung dan akan diumumkan setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden. Pembantunya nanti berlatar belakang lintas profesi.

Hal itu diungkapkan Jokowi melalui akun media sosialnya. Dia menyertakan foto telepon tergantung dengan tulisan “sabar! Sebentar lagi...” untuk mendukung pesannya.

“Selamat pagi. Saya telah menerima beberapa versi “bocoran” nama-nama menteri kabinet untuk pemerintahan periode 2019-2024. Saya sendiri membacanya dengan antusias kalau-kalau itu benar adalah bocoran,” katanya di akun Instagram @jokowi, Kamis (17/10/2019).

“Yang jelas, susunan kabinet untuk pemerintahan periode mendatang sudah rampung. Saya akan umumkan segera setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024 pada 20 Oktober, bisa di hari yang sama, atau setelahnya,” sambung Jokowi.

Siapa-siapa yang akan membantunya di pemerintahan nanti?

Jokowi tak mengungkapkan sosok siapa saja yang akan masuk kabinetnya. Dia masih merahasiakan dan meminta publik bersabar.

“Sabarlah. Indonesia ini tak berkekurangan orang-orang hebat dan mampu memimpin kementerian dan lembaga, dan bersedia untuk mengabdi kepada bangsa ini,” ujar Jokowi.

“Mereka terserak di semua bidang pekerjaan dan profesi: akademisi, birokrasi, politisi, santri, juga TNI dan polisi. Tidak sulit menemukan mereka.”

View this post on Instagram

Selamat pagi. Saya telah menerima beberapa versi “bocoran” nama-nama menteri kabinet untuk pemerintahan periode 2019-2024. Saya sendiri membacanya dengan antusias kalau-kalau itu benar adalah bocoran 😀 Yang jelas, susunan kabinet untuk pemerintahan periode mendatang sudah rampung. Saya akan umumkan segera setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024 pada 20 Oktober, bisa di hari yang sama, atau setelahnya. Siapa-siapa yang akan membantu saya di pemerintahan nanti? Sabarlah. Indonesia ini tak berkekurangan orang-orang hebat dan mampu memimpin kementerian dan lembaga, dan bersedia untuk mengabdi kepada bangsa ini. Mereka terserak di semua bidang pekerjaan dan profesi: akademisi, birokrasi, politisi, santri, juga TNI dan polisi. Tidak sulit menemukan mereka.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Unggahan Jokowi sudah disukai 200 ribu orang pengikutnya. Beragam komentar bermunculan di antaranya mengungkapkan harapan.

“Semoga Ahok jadi salah 1 menteri di kabinet jilid 2 bapak, semoga bu Susi masih menjabat menteri di kabinet jilid 2 bapak. Aamiin,” komentar akun @dedeamelia.

“Pak, please jgn ada nama FADLI ZON. PLIISSSSS,” tulis akun @joulabertin.

Akun @gigagoy menulis “Jadi menteri periode 2019-2024 saya siap pak. DM aja ya pak, saya tunggu. Terimakasih.”

“Hati2 Pak dalam memilih pembantu2 yg baru, karena skrg tampaknya banyak musang yg berbulu ayam. Kalo yg lama sudah jelas....” tulis @ridwansyah5020

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini