nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Panglima: TNI-Polri Siap Amankan Pelantikan Presiden dan Wapres

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 17 Oktober 2019 10:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 17 337 2118052 panglima-tni-polri-siap-amankan-pelantikan-presiden-dan-wapres-NwK06u6sUs.jpg Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan pihaknya bersama Polri siap mengamankan pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai presiden-wakil presiden terpilih periode 2019–2024 pada Minggu 20 Oktober di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta Pusat.

"Kami semua menyatakan bahwa Panglima TNI, Kapolri, KSAD, KSAL, KSAU yang diwakili WaKSAU menyatakan siap melaksanakan tugas pengamanan tersebut," tegas Hadi dalam apel bersama di Lapangan Monas, Gambir, Jakpus, Kamis (17/10/2019).

Baca juga: TNI-Polri Gelar Apel Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wapres 

Ia menyatakan bahwa pengamanan pelantikan Kepala Negara telah dimulai hari ini. Sebanyak 30 ribu prajurit TNI-Polri disiagakan di lokasi-lokasi yang sudah ditentukan.

Panglima TNI dan Kapolri di apel bersama pengamanan pelantikan presiden-wapres. (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

"Pasukan yang dilibatkan 30 ribu dengan susunan tugas ring 1 dilaksanakan dan di bawah tanggung jawab Paspampres. Ring 2 di bawah tanggung jawab TNI. Ring 3 di bawah tanggung jawab gabungan TNI-Polri dan unsur lainnya," jelas Hadi.

Baca juga: Istana Rilis Foto Resmi Presiden dan Wapres Terpilih 2019-2024 

Dia mengatakan objek pengamanan pelantikan presiden dan wapres dimulai dari Jokowi dan keluarga, kemudian Ma'ruf Amin dan keluarga, hingga tamu-tamu yang berasal dari luar negeri.

"Kepala negara dan kepala pemerintahan, serta utusan khusus, mulai saat kedatangan di perjalanan sampai hotel maupun wisma. Pengamanan selanjutnya dari wisma sampai Gedung DPR/MPR adalah menjadi tanggung jawab," paparnya.

Ia menambahkan, prajurit TNI-Polri juga turut mengamankan prasarana dan sarana pelantikan presiden-wapres hingga tamu negara.

Baca juga: Pimpinan MPR Sambangi Rumah JK, Beri Undangan Pelantikan Jokowi-Ma'ruf 

Ilustrasi apel anggota Polri. (Foto: Dok Okezone)

Selain itu, sejumlah tempat menjadi konsentrasi pengamanan. Di antaranya adalah Gedung DPR/MPR, Istana Kepresidenan, pusat perekonomian, hingga bandara.

"Wilayah lain di antaranya tempat-tempat ekonomi, contoh Glodok, Jembatan Tiga, dan sebagainya. Termasuk yang kita pertebal Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma dan objek vital di antaranya PLN, logistik Pertamina, dan tempat lain yang kita anggap perlu untuk diamankan," jelasnya.

Baca juga: Ketua MPR: Kehadiran Mega-SBY di Pelantikan Presiden Meneduhkan Politik Tanah Air 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini