nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Zulkifli Hasan Beri Sinyal PAN Tidak Gabung Koalisi Jokowi

Kamis 17 Oktober 2019 07:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 17 337 2117998 zulkifli-hasan-beri-sinyal-pan-tidak-gabung-koalisi-jokowi-kYWIhKYIpc.jpg Zulkifli Hasan. (Foto: Dok Okezone/Achmad Fardiansyah)

JAKARTA – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengatakan parpolnya bakal tetap mendukung pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dalam lima tahun ke depan, walaupun berbeda koalisi. Sikap politik itu, menurut dia, untuk mendukung cita-cita bangsa.

"Politik PAN jelas, kita doakan, kita dukung Pak Jokowi agar sukses membangun Indonesia. Cita-cita kita kan agar pemerintah berhasil. Kalau berhasil, ya itulah cita-cita partai politik, para ulama, ormas semuanya itu," kata Zulhas –sapaan akrabnya, di Jakarta, Rabu 16 Oktober 2019, seperti dinukil dari iNews.id.

Baca juga: PKB Sebut Safari Politik Prabowo Bisa Hilangkan Resistensi 

Saat ditanya, apakah PAN bakal masuk koalisi pendukung pemerintah? Ia enggan menjawab secara lugas. Zulhas justru mengibaratkan sikap politik PAN dengan struktur Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang terdiri dari berbagai partai tapi bisa tetap bersatu membangun bangsa.

"Kami enggak pakai, enggak pakai apa namanya (koalisi). Di MPR tuh, saudara datang saja, enggak ada tuh koalisi. Satu semua MPR. Ada 10 (unsur parpol dan DPD), bersama-sama terus. Bersama-sama semua tuh. Ada Gerindra, Demokrat, ada PKS lah bisa bersatu padu," ujarnya.

Baca juga: Amien Rais Faktor Penentu PAN Gabung Koalisi atau Pilih Oposisi 

Zulhas juga sudah bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara pada Senin 14 Oktober 2019. Pertemuan kedua tokoh itu dilaksanakan secara tertutup.

Jokowi mengakui adanya pembahasan koalisi dalam pertemuan dengan Zulhas tersebut, namun belum final. "Ya ada, tapi belum sampai final, belum rampung," kata Jokowi, di Jakarta, Senin lalu.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini