nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DPR: Pemberlakuan UU Baru Bikin KPK Semakin Kuat

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Kamis 17 Oktober 2019 07:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 17 337 2117991 dpr-pemberlakuan-uu-baru-bikin-kpk-semakin-kuat-yg8oV03ZmI.jpg Politisi PKS Nasir Djamil (Foto: Ist)

JAKARTA - Anggota DPR RI, Muhammad Nasir Djamil menilai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menginjak babak baru setelah diberlakukannya Undang-Undang KPK versi revisi.

Nasir percaya dengan pemberlakuan UU KPK tersebut, lembaga antirasuah akan semakin kuat, sehingga praktik-praktik tindakan pidana korupsi dipercaya akan menyusut, namun hal itu juga ditentukan oleh pegawai KPK.

“Ya tentu saja semua tergantung kepada sumber daya manusia yang ada di KPK,” katanya kepada Okezone, Kamis (17/10/2019).

Baca Juga: Berlakunya UU Baru Akan Jadikan KPK Lebih Profesional

KPK Foto: Arie Dwi

Oleh karenanya, ia meminta agar menyegerakan pembentukan Dewan Pengawas KPK. Namun dalam pembentukan tersebut pemerintah harus memberikan arahan serta mengiventalisir pasal-pasal yang mengatur keanggotaan Dewan Pengawas tersebut.

“UU KPK berlaku maka hal-hal yang belum dilakukakn itu kan harus dilakukan, seperti pembentukan dewan pengawas misalnya. Ini harus segera dilakukan, Saya pikir pemerintah langkah pertama harus menginventalisasi pasal-pasal yang mengatur soal keanggotaan Dewan pengawas," ujarnya.

“Tentu pemerintah disini tidak mencampuri, pemerintah disini memberikam guiden memberikan arahan. Presiden memberikan arahan kepada KPK, dan karena itu KPK suka tidak, suka harus memberikan semacam panduan juga bagi pimpinan KPK yang akan datang,” ujarnya.

Baca Juga: KPK Siapkan Perkom Antisipasi Diberlakukannya UU Baru

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini