nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

36 Terduga Teroris Ditangkap Densus 88 Pasca-Penusukan Wiranto

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Rabu 16 Oktober 2019 16:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 16 337 2117760 36-terduga-teroris-ditangkap-densus-88-pasca-penusukan-wiranto-CpzFWswr4a.jpg Kepala Divisi Humas Polri, Irjen M Iqbal. (Foto : Dok Okezone.com/Puteranegara Batubara)

JAKARTA – Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror sampai saat ini telah menangkap 36 terduga teroris usai peristiwa penusukan Menko Polhukam Wiranto di Alun-Alun Menes, Pandeglang, Banten, pada 10 Oktober 2019.

Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal mengungkapkan puluhan terduga teroris itu ditangkap dari hasil operasi Densus 88 di beberapa kota Indonesia.

"Jadi rekan-rekan pasca-ditangkap Abu Rara di Pandeglang, 36 orang (terduga teroris-red) kami tangkap," kata Iqbal usai acara FGD Divisi Humas Polri di Hotel Cosmo Amaroossa, Jakarta Selatan, Rabu (16/10/2019).

Iqbal menyatakan, Densus 88 Antiteror sampai saat ini masih terus melakukan pengejaran ke beberapa jaringan teroris yang berafiliasi dengan kelompok Abu Zee.

Menko Polhukam Wiranto Ditusuk saat Menghadiri Peresmian Gedung Baru Universitas Mathla'ul Anwar, Pandeglang, Banten (foto: Ist)

"Karena kami ingin mengetahui apakah ini jaringan terorisme, atau ada yang men-setting ada yang menyuruh," ujar Iqbal.

Di sisi lain, Iqbal juga membantah adanya framing soal kelompok teroris yang ditangkap ini akan melakukan aksi amaliyah ketika pelaksanaan pelantikan presiden pada 20 Oktober.


Baca Juga : Densus 88 Tangkap Pasutri Terduga Teroris di Malang

Menurut Iqbal, dari informasi sementara, kelompok teroris Abu Zee tersebut berencana ingin melakukan serangan teror di tempat ibadah dan kantor kepolisian.

"Ini sampai saat ini belum ada statement dari kepolisian bahwa tidak ada kelompok melakukan aksi menggagalkan pelantikan presiden, saya selaku Kadiv Humas wajib menyampaikan ini," tutur Iqbal.


Baca Juga : Pasutri Terduga Teroris di Malang Berafiliasi dengan Penusuk Wiranto

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini