Dzulmi Eldin Kena OTT KPK, Wakil Wali Kota Medan Konsolidasi Internal

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Rabu 16 Oktober 2019 15:42 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 16 337 2117718 dzulmi-eldin-kena-ott-kpk-wakil-wali-kota-medan-konsolidasi-internal-JxvLPIwxdl.jpg Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution. (Foto : Okezone.com/Wahyudi Aulia Siregar)

MEDAN – Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, menanggapi penangkapan Wali Kota Medan, Tengku Dzulmi Eldin oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam operasi tangkap tangan pada Selasa, 15 Oktober 2019, malam.

Menurut Akhyar, hingga saat ini mereka belum mendapatkan informasi apapun terkait penangkapan itu. Baik perihal penangkapan, maupun siapa saja yang ditangkap.

"Kita baru tahu hanya dari media. Belum ada informasi resmi dari KPK," kata Akhyar di kantornya, Selasa (16/10/2019).

Untuk sementara, kata Akhyar, ia akan memimpin konsolidasi di internal Pemkot Medan pasca-OTT itu. Konsolidasi dilakukan dengan jajaran penjabat utama Pemkot Medan, guna memastikan pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan normal seperti biasa.

"Kami konsolidasi dulu. Yang penting seluruh pelayanan kepada masyarakat berjalan secara baik. Saya belum bisa ambil langkah apapun karena informasinya kami belum tahu," ucap Akhyar.

Akhyar juga mengaku belum berkomunikasi dengan Menteri Dalam Negeri maupun pimpinan DPRD Kota Medan terkait penangkapan Eldin. Pihaknya masih menunggu informasi resmi dari KPK.

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin tiba di KPK. (Foto : Okezone.com/Arie Dwi Satrio)

"Kalau ke Mendagri belum. Kita belum ada komunikasi ke mana-mana. Masih konsolidasi di internal dulu," ujarnya.

Sebelumnya, KPK telah mengamankan Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin dan enam orang lainnya dalam OTT malam tadi. Enam orang lainnya terdiri atas unsur kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), protokoler, ajudan Wali Kota, serta pihak swasta.

Tak hanya itu, tim mengamankan uang senilai lebih dari Rp200 juta dalam operasi senyap tersebut. Uang tersebut diduga terkait suap setoran dari dinas setempat untuk Wali Kota Medan.


Baca Juga : Protokoler Wali Kota Medan Kabur dan Nyaris Tabrak Petugas KPK saat Akan Ditangkap

Saat ini, Dzulmi Eldin telah tiba di KPK dan sedang menjalani pemeriksaan intensif. KPK juga akan membawa empat orang lainnya yang ikut diamankan dalam operasi senyap tersebut ke Jakarta pada sore ini.

KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum pihak-pihak yang diamankan terkait OTT di Medan.


Baca Juga : Pasca-OTT, Ruang Kerja Wali Kota Medan Disegel KPK

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini