nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UIN Suska Tegaskan Pengunduran Diri UAS Bukan karena Tekanan Politik

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Rabu 16 Oktober 2019 03:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 16 337 2117443 uin-suska-tegaskan-pengunduran-diri-uas-bukan-karena-tekanan-politik-mHO4GeVXBy.jpg Ustadz Abdul Somad (Foto : Okezone.com)

PEKANBARU - Ustadz Abdul Somad (UAS) menyatakan berhenti dari PNS. Untuk diketahui, beberapa waktu lalu, UAS pernah dipanggil oleh pihak Rektorat UIN Suska Riau, tempatnya dia mengajar, karena dianggap memberi dukungan politiknya kepada Prabowo Subianto saat Pilpres lalu. Apakah ada hubungannya?

Plt Wakil Rektor II UIN Suska Riau, Ahmad Supardi menepis bahwa mundur UAS terkait politik. Dia menegaskan UAS mundur karena kesibukannya.

Ustadz Abdul Somad (Foto : Okezone.com)

"Saya rasa tidak ada terkait dengan politik dan tekanan. UAS mundur karena kesibukannya sebagai pendakwah," kata Ahmad, Selasa 15 Oktober 2019.

Sebelumnya, beredar video pertemuan Ustaz Abdul Somad dengan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, pada 11 Mei 2019. Usai pertemuan dengan mantan Danjen Kopassus, UAS berujar pasrah dengan apa yang akan terjadi selanjutnya pada dirinya. Dalam pertemuan tersirat dirinya yang saat itu sedang cuti secara pribadi mendukung UAS.

Dalam pertemuan itu, ada anggapan UAS dinilai tidak netral sebagai PNS. Namun, pihak UIN menegaskan saat bertemu Prabowo, UAS sedang cuti. Sebelumnya juga beredar ada surat pemecatan UAS, tetapi pihak UIN membantahnya.

Baca Juga : Ustadz Abdul Somad Mundur dari PNS

Tidak berapa lama, Kementerian Agama memerintahkan UIN Suska untuk memeriksa UAS. Namun UAS tidak bisa haidir karena sedang meneruskan studi S3 di Sudan. Secara mengejutkan, UAS menulis surat resmi menyatakan mundur dari PNS di UIN Suska.

"Sebenarnya kita sangat kehilangan sosok beliau. Dia pandai, cerdas, berpengaruh dan terkenal," ujar Ahmad.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini