nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Laporan Pelantikan Presiden, Pimpinan MPR Datangi Kediaman Ma'ruf Amin

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Selasa 15 Oktober 2019 19:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 15 337 2117317 laporan-pelantikan-presiden-pimpinan-mpr-datangi-kediaman-ma-ruf-amin-PdJhJDAIOV.jpg Ketua MPR, Bambang Soesatyo (foto: Sindo)

JAKARTA - Pimpinan MPR mendatangi kediaman pribadi Wakil Presiden terpilih, Ma'ruf Amin di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo atau akrba disapa Bamsoet mengatakan, kedatangan diri bersama pimpinan MPR lainnya untuk menyampaikan undangan pelantikan presiden dan wakil presiden yang akan digelar pada Minggu 20 Oktober 2019.

"Sebagaimana acara protokoler MPR kedatangan kami kesini adalah ingin menyampaikan undangan kepada beliau. Bahwa kami sudah siap untuk menyelenggarakan pelantikan," kata Bamsoet di kediaman Ma'ruf Amin, Kamis (15/10/2019).

 Baca juga: 31 Ribu Personel Gabungan Siap Amankan Pelantikan Presiden Jokowi-Ma'ruf

Selain itu, pihaknya juga akan menyampaikan susunan acara pelantikan yang akan dihelat di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat.

"Kami juga akan menyampaikan susunan acara. Mulai dari pembukaan paripurna yang akan dibukanya, kemudian pembacaan doa yang akan dibacakan Imam Masjid Istiqlal," ucapnya.

Kemudian dalam acara tersebut, ada pengambilan sumpah terhadap presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi) - Maruf Amin, yang akan dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung, Hatta Ali.

"Nanti akan ada juga pidato perdana presiden terpilih," ucapnya.

 Baca juga: TNI-Polri Kawal Jokowi-Ma'ruf dan Tamu Undangan saat Pelantikan Presiden

Di kesempatan yang sama, dalam kunjungannya tersebut. Pihaknya akan menyampaikan para tamu mantan presiden dan wakil presiden sudah menyatakan bersedian untuk hadir.

"Kemudian kami sampaikan juga seluruh mantan presiden. Ibu Mega sudah comfirm, pak SBY baru besok malam kami berkunjung ke Cikeas, tapi secara non formal saya sudah bertemu dengan beliau menyatakan kesediaan hadir. Formalnya besok ber 10 kesana," tuturnya.

Selain itu, kata Bamsoet, pihaknya juga menyampaikan hasil rapat koordinasi antara MPR, DPR, BIN, Polri dan TNI terkait pelaksanaan pelantikan tersebut.

"Pasti kesiapan keamanan akan kami sampaikan ke beliau termasuk urutan acara akan dilaksanakan," tutupnya.

Berdasarkan pantauan Okezone, para pimpinan MPR datang ke rumah kediaman pribadi Maruf Amin sekira pukul 18.54 WIB. Para pimpinan yang hadir yakni Syarif Hasan, Fadel Muhammad, Zulkifli Hasan, Ahmad Basarah, Jazilul Fawaid, dan Asrul Sani.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini