nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

19 Daerah di Jatim Gelar Pilkada di 2020, Khofifah: Mudah-mudahan Semua Kondusif

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 15 Oktober 2019 19:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 15 337 2117309 19-daerah-di-jatim-gelar-pilkada-di-2020-khofifah-mudah-mudahan-semua-kondusif-cVFxEJh47K.jpg Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sebanyak 19 kabupaten/kota di Jawa Timur akan menggelar Pilkada secara serentak di tahun 2020 mendatang. Diharapkan seluruh masyarakat dapat menjaga keamanan dan ketertiban di daerahnya masing-masing dalam menyambut pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"Mudah-mudahan semuanya bisa berjalan kondusif, saling menghornati perbedaan yang muncul, dan menghargai hasilnya," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat berkunjung ke redaksi Okezone.com, Jakarta Pusat, Selasa (15/10/2019).

Ia meyakini perhelatan Pilkada nanti akan berjalan secara damai. Sebab, menilik ke pengalaman Pileg dan Pilpres 2019 lalu, tak terjadi perpecahan antar masing-masing pendukung.

Khofifah

"Saya rasa Jawa Timur punya pengalaman yang sangat dewasa untuk berproses di berbagai pileg, pilpres, pilkada," ujarnya.

Menurut dia, bila ada salah satu peserta yang tidak menerima hasil penghitungan Pilkada, maka mereka bisa mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Sehingga, tak perlu ada gontok-gontokan untuk memperebutkan sebuah kekuasaan.

Baca Juga: Khofifah Berencana Gratiskan Sekolah di Jatim dari SD hingga SMA di 2020

"Saya rasa demokrasi ini pilihan terbaik yang sudah kita pilih negeri ini," kata dia.

Seperti diketahui, sebanyak 19 kabupaten/kota di Jatim menggelar pilkada serentak, yaitu Kota Surabaya, Kota Blitar, Kota Pasuruan, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang dan Kabupaten Ngawi.

Kemudian Kabupaten Mojokerto, kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Jember, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Gresik serta Kabupaten Kediri.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini