nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TNI-Polri Kawal Jokowi-Ma'ruf dan Tamu Undangan saat Pelantikan Presiden

Muhamad Rizky, Jurnalis · Selasa 15 Oktober 2019 17:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 15 337 2117254 tni-polri-kawal-jokowi-ma-ruf-dan-tamu-undangan-saat-pelantikan-presiden-z1OzM8eWSy.jpg Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Kepala BIN Budi Gunawan usai rapat koordinasi di Gedung MPR, Jakarta, Selasa (15/10/2019). (Foto : Okezone.com/Muhamad Rizky)

JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memastikan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024 pada 20 Oktober mendatang berjalan aman.

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu mengatakan, pengamanan terhadap Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma'ruf Amin akan dilakukan dengan kekuatan penuh dari TNI-Polri.

"Alhamdulillah dari penjelasan Bapak Panglima, Kapolri, dan Kepala BIN situasi keamanan kondusif dan bisa diatasi dan diantisipasi dengan segala kemunginan untuk acara tanggal 20 Oktober pukul 14.30 WIB berjalan aman dan tertib," tutur Bamsoet usai rapat koordinasi di Gedung MPR, Selasa (15/10/2019).

"Mulai dari titik keberangkatan presiden ke DPR hingga DPR ke Istana sudah diantisipasi dengan kekuatan penuh, dengan alat dan kelengkapan yang ada yang sudah disiapkan TNI dan Polri," ujarnya.

Bambang Soesatyo. (Dok Okezone)

Pengamanan ketat juga dipastikan akan didapatkan oleh tamu dari negara lain yang hadir untuk menyaksikan pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin. Pengamanan tersebut mulai dari penjemputan di Bandara Soekarno-Hatta maupun Halim Perdanakusuma hingga ke tempat mereka menginap.

"Pun dengan anggota DPR diberikan pengawalan jika diperlukan agar bisa sampai ke Senayan dengan selamat," ujarnya.


Baca Juga : TNI AD Siap Kerahkan Seluruh Kekuatan Amankan Pelantikan Presiden

Bamsoet mengatakan, para tamu yang hadir yakni 2 kepala negara, 4 kepala pemerintahan, 9 utusan khusus, dan 157 lebih duta besar dari berbagai negara. Namun, ia tidak menyebut negara mana saja yang akan datang.


Baca Juga : MPR Gelar Rapat Koordinasi dengan Pejabat Keamanan hingga Mensetneg

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini