nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bamsoet Jamin Amandemen UUD 1945 Tak Akan Jadi Bola Liar

Muhamad Rizky, Jurnalis · Selasa 15 Oktober 2019 15:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 15 337 2117173 bamsoet-jamin-amandemen-uud-1945-tak-akan-jadi-bola-liar-T2cBfrVdOt.jpg Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menjamin wacana amandemen Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 tidak akan menjadi bola liar. Ia akan berhati-hati dalam mengakomodir seluruh aspirasi masyarakat terkait amandemen tersebut.

"Intinya kami akan mendengarkan dan menampung berbagai inspirasi yang berkembang di tengah masyarakat terkait konstitusi kita. Tapi bisa saya pastikan amandemen tidak akan jadi bola liar, kami akan menggiring sesuai kehendak rakyat," kata Bamsoet di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (15/10/2019).

 MPR RI

Bamsoet menanggapi soal adanya keinginan dari dua partai, yakni Golkar dan Gerindra untuk mengamandemen UUD 1945 itu secara menyeluruh. Menurutnya, hal itu biasa terjadi bahkan perbedaan pandangan juga bisa jadi di luar kedua partai politik tersebut.

"Sebetulnya bukan hanya dua fraksi, tapi pasti 10 fraksi berbeda-beda. Nah, tugas kami merangkum dan mengharmonisasikan aspirasi fraksi-fraksi itu harus sesuai kehendak mayoritas masyarakat Indonesia," ujarnya.

Baca Juga: JK: Kalau Ada GBHN, Presiden Kampanyekan Apa? 

Adapun terkait kapan pembahasan itu akan dilakukan apakah pada periode sekarang atau tidak. Pihaknya sejauh ini masih berupaya untuk fokus menampung aspirasi masyarakat.

"Saya ingin tegaskan tidak ada kejar setoran atau kejar target dala. kerja politik di MPR, yang ada adalah bagaimana bisa merangkum demi sebesar-besarnya demi kepentingan rakyat," tuturnya.

"Tahun pertama, kedua kita membuka diri tidak jadikan dua tahun tiga tahun sebagai golden time untuk menampung aspirasi masyarakat," ujarnya. (ari)

Baca Juga: JK Sebut UUD Bisa Diubah, Asal Tak Ganti Pembukaannya

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini