nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Terima Paguyuban Warga Pendatang di Papua

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 15 Oktober 2019 15:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 15 337 2117168 jokowi-terima-paguyuban-warga-pendatang-di-papua-vuzh7Ydt1F.jpg Presiden Jokowi (Foto: Ist)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima sejumlah perwakilan paguyuban warga pendatang di Papua. Pertemuan berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (15/10/2019). 

Ketua Paguyuban Sulawesi Selatan Mansur mengatakan, para perwakilan paguyuban yang hadir mememinta pemerintah menjamin keamanan di Bumi Cendrawasih. Mereka tak ingin lagi ada kerusuhan yang menimbulkan korban jiwa.

"Kita mendukung semua pihak, termasuk pemerintah daerah untuk membuat suasana yang tentram, aman, kondusif dalam menjalankan kehidupan aktivitas sosial, kemasyarakatan di Papua," kata Mansur.

Baca Juga: Di Papua Akan Dibangun Youth Center Guna Majukan Para Pemuda

Ia mengatakan, para warga pendatang di Papua juga mendukung pemerintah untuk menghentikan aparat keamanan bertindak sewenang-wenang. Mansyur pun meminta agar aparat bisa secara hukum menuntaskan masalah pelanggaran di Papua.

Jokowi

Mansur juga mengajak seluruh warga, baik Papua dan non-Papua untuk kembali menciptakan suasana persaudaraan dan mendukung kehidupan masyarakat yang aman tertib dan damai.

"Papua harus damai. Papua untuk semua, semua untuk Papua," tuturnya.

Ia menilai, para warga yang meninggalkan Papua saat kerusuhan di Papua merupakan hal yang wajar. Pasalnya, warga pendatang masih trauma dengan tragedi yang terjadi di Wamena.

"Dan itu sementara saja. Dan insya Allah akan kembali seperti semula," ungkapnya.

Baca Juga: Kapolda Papua & Pangdam Cenderawasih Akan Kembali ke Wamena

Mansur menambahkan, Kepala Negara juga menitipkan pesan agar seluruh masyarakat bisatenang dan kembali bersatu. Jokowi juga meminta semua masyarakat menciptakan kedamaian dan ketentraman di Papua antar-seluruh paguyuban baik Papua maupun non-Papua.

"Beliau juga akan segera ke sana beliau segera berkunjung. Di Wamena dan Jayapura. Dalam waktu dekat," ujar Mansur.

Lanjut Mansur tidak mengetahui pastikapan Jokowi bakal mengunjungi Papua. Namun, menurut dia, Jokowi akan melihat langsung kondisi masyarakatnya di sana. "Semua yang berdomisili di Papua," paparnya.

Ada 14 perwakilan paguyuban warga pendatang diPapua hadir dalam pertemuan tersebut. Di antaranya dari Paguyuban Sulawesi Selatan, Paguyuban Jawa-Madura, Paguyuban Kawanua, Paguyuban Sriwijaya, Paguyuban Minang Saia, Paguyuban kerukunan Maluku Utara, ada Jawa barat, dan Papua.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini