nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rektor IPB : Jangan Kaitkan Lagi Abdul Basith dengan Kami

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Selasa 15 Oktober 2019 03:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 15 337 2116925 rektor-ipb-jangan-kaitkan-lagi-abdul-basith-dengan-kami-YpkydeqD8Y.jpg Rektor IPB Arif Satria (Foto : Okezone.com/Fakhrizal)

BOGOR - Dosen IPB Abdul Basith (AB) yang ditangkap polisi dalam kasus ancaman teror bom molotov mengirimkan surat pengunduran diri dari civitas kampusnya. Surat itu langsung diterima dan diproses oleh kampus.

"Yang bersangkutan (Abdul Basith) sudah mengajukan surat pengunduran diri. Sudah diproses dan diberhentikan dari beberapa hari yang lalu," kata Rektor IPB, Arif Satria, kepada wartawan, Senin (14/10/2019).

Bom rakitan Dosen IPB (Foto : Istimewa)

Untuk itu, Arif berharap agar kasus AB tidak dikaitkan lagi dengan kampus IPB. Ia mengakui bahwa tindakan AB merugikan dan mencoreng nama baik IPB yang dicap sebagai kampus radikal meski tidak demikian.

"Mohon tidak dikaitkan lagi dengan IPB. IPB yang dipersepsikan orang itu keliru. Kita menjunjung tinggi nilai kebangsaan dan kebhinekaan. Kita merawat kebangsaan dari jalur pendidikan. Kita jelas melarang radikalisme yang bertentangan Pancasila," tegasnya.

Baca Juga : Imam Masjid di Sulsel Tewas Ditebas Tetangga dengan Parang

Guna mencegah persoalan serupa terjadi lagi, pihaknya akan terus membangun relasi antardosen, saling bersinergi, dan mengidentifikasi jika ada hal yang mencurigakan di kalangan kampus.

"Dengan pola saling mendekatkan dosen dengan kampus kita akan saling solid dan menguatkan. Saya kira itu instrumen yang paling ampuh," tutup Arif.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini